8 Jenazah Korban Bus Maut Ciater Subang Dibawa ke Depok

Dian Firmansyah - detikNews
Minggu, 19 Jan 2020 11:11 WIB
Korban kecelakaan bus di Ciater Subang. (Foto: Dian Firmansyah/detikcom)
Subang - Sebanyak 52 unit mobil ambulans membawa delapan jenazah dan puluhan korban luka akibat kecelakaan bus di Ciater Subang ke Depok, Jawa Barat. Para korban diantar menggunakan ambulans itu secara bergelombang sejak Minggu.

Pemulangan delapan korban tewas dilakukan setelah pihak polisi selesai mengidentifikasi dan proses penyelidikan insiden maut kecelakaan tunggal tersebut. Sedangkan pemindahan para korban luka dilakukan atas permintaan dari pihak Pemda Depok dan pihak keluarga korban.

"Atas permintaan keluarga dan dinas kesehatan Depok, pagi ini seluruh korban di bawa pulang keluarga ke Depok. Rata-rata korban luka berat di bagian kepala dan patah tulang," ujar Humas RSUD Subang Budi Rahmat kepada detikcom, Minggu (19/01/2020).


Rencananya korban tewas langsung dibawa ke rumah duka masing-masing. Untuk korban luka akan dilakukan perawatan secara intensif di dua rumah sakit yang ada di Depok. Korban luka berat dirawat di RS UI dan korban luka ringan ke RSUD Depok.

"Sebanyak 29 unit mobil ambulans dikirim dari Depok dan sebanyak 23 ambulans disediakan dari pihak rumah sakit dan dinas Kesehatan Subang," tutur Budi.

Agar perjalanan lancar dan tidak menimbulkan kemacetan akibat konvoi ambulans ini, polisi melakukan pengaturan satu rombongan terdiri dari 10 unit ambulans yang di kawal petugas. "Tadi pagi kita sudah kawal rombongan jenazah. Ambulans dikawal polisi yang bekerja sama dengan PJR Tol," ujar Kasat Lantas Polres Subang AKP Bambang Sumitro di RSUD Subang. (bbn/bbn)