Dua Kali Didemo Warga, Kantor Desa Neglasari Tasik Terbakar Tadi Subuh

Deden Rahadian - detikNews
Sabtu, 18 Jan 2020 13:46 WIB
Foto: Garis polisi terpasang di Kantor Desa Neglasari yang hangus terbakar (Deden Rahadian/detikcom)
Tasikmlaya - Kantor Desa Neglasari, Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya, hangus terbakar pada Sabtu (18/1/2020) subuh. Sejumlah dokumen penting ikut terbakar dalam kejadian tersebut.

"Ini kejadian kebakaran jam tiga tadi, saya dikasih tau pak sekdes pas ke sini warga sudah banyak di sini," ucap Wowon Gunawan, Kades Neglasari, saat ditemui di lokasi kebakaran, Sabtu (18/1/2020).


Salah seorang saksi mata yang juga tenaga kesehatan Desa Neglasari menuturkan, sebelum kebakaran sempat mendengar salah satu bagian kaca kantor desa pecah. Selain itu dia juga mendengar suara sepeda motor yang menjauh pergi dari lokasi.

Tidak lama berselang setelah itu, lanjut dia, muncul kobaran api di bagian arsip kantor desa. "Saya sempat dengar suara kaya kaca pecah atau piring jatuh terus ada motor pergi, tapi enggak tau itu. Pas usai itu ada api ajah di tengah kantor," ucap Dandy.

Di sisi lain, berdasarkan informasi yang didapat Kepala Desa Neglasari Wowon Gunawan sempat didemo warganya sebanyak dua kali, pada 6 dan 15 Januari 2020. Warga meminta kejelasan dan keterbukaan terkait anggaran desa.

"Iyah sebelum terbakar warga di sini demo tanggal enam dan 15 januari lalu. Mereka menuntut kejelasan dan keterbukaan anggaran. Walau pak kades sudah pampang di desa terkait penggunaan anggaran," ucap Enong Mawadi Majid, Camat Jatiwaras.


Saat ini polisi dari Sektor Salopa dan Satreskrim Polres Tasikmlaya masih melakukan penelusuran untuk mencari penyebab kebakaran. Polisi meminta keterangan sejumlah saksi. Garis polisi juga dipasang di lokasi agar tidak ada warga yang masuk ke dalam kantor desa tersebut.

"Benar terjadi kebakaran tapi penyebab pastinya masih harus ditelusuri puslabfor, tidak mau spekulasi kita" ucap AKP Bambang S, Kapolsek Salopa Tasikmalaya.

Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya AKP Siswo Tarigan, langsung memimpin jalanya olah tempat kejadian perkara. Petugas belum bisa memastikan penyebab kebakaran ini.

"Kita masih kumpulkan bukti minta keterangan, masih belum tau penyebab kebakaran kantor desa ini. Mohon waktu yah kita lidik terus," ujar Siswo.

Simak Video "Trafo Listrik Gardu Induk Gambir Baru Terbakar, PLN Gelar Investigasi"

[Gambas:Video 20detik]

(mso/mso)