Sunda Empire Bikin Geger, Pemkot Bandung: Tidak Terdaftar Ormas

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 17 Jan 2020 11:22 WIB
Aktivitas kelompok Sunda Empire. (Foto: Tangkapan layar di Facebook yang viral)
Bandung - Sunda Empire-Earth Empire bikin geger usai kemunculan Keraton Agung Sejagat di Purworejo. Pemkot Bandung memastikan kelompok itu bukan organisasi masyarakat (ormas).

"Dia bukan masuk ormas, dia tidak terdaftar sebagai ormas," ucap Kepala Bidang Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Kota Bandung Soni Bakhtiar saat dikonfirmasi, Jumat (16/1/2020).


Soni menuturkan pihaknya saat ini tengah menelusuri terkait keberadaan kelompok tersebut. "Makanya kita lagi telusuri, hampir sama kaya yang di Jawa Tengah, makanya kita sedang kordinasi untuk mendalami Sunda Empire ini," kata Soni.

Sekadar diketahui, usai heboh Keraton Agung Sejagat di Purworejo, kini muncul kembali hal yang serupa bernama Sunda Empire. Untuk kasus Keraton Agung Sejagat, polisi telah menangkap 'Raja' Toto Santoso (42) dan 'Permaisuri' Fanni Amidania (41). Toto dan Fanni telah ditetapkan sebagai tersangka dan dikenai pasal tentang Penipuan dan Perbuatan Onar.

Sunda Empire ramai diperbincangkan di jagat maya. Tersebar pula foto-foto anggota Sunda Empire dari pemilik akun Facebook Renny Khairani Miller yang diduga anggota Sunda Empire.




Tonton video Mendagri: Ormas yang tidak sesuai pancasila, Kita Bubarkan:

[Gambas:Video 20detik]



(dir/bbn)