Menteri Basuki Janji Bangun Dua Waduk Baru di Kabupaten Bogor

Mukhlis Dinillah - detikNews
Kamis, 16 Jan 2020 21:30 WIB
Foto: Menteri Basuki Hadimuljono berbincang dengan Gubernur Jabar Ridwan Kamil disela rakor penanganan banjir Jabar di Gedung Sate (Dokumentasi Humas Jabar)
Foto: Menteri Basuki Hadimuljono berbincang dengan Gubernur Jabar Ridwan Kamil disela rakor penanganan banjir Jabar di Gedung Sate (Dokumentasi Humas Jabar)
Bandung - Pemerintah pusat berjanji membangun waduk Cijuray di Kabupaten Bogor. Langkah ini untuk memuluskan proyek waduk Cibeet yang berfungsi sebagai pengendali banjir di kawasan Bekasi dan Karawang.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengaku berjanji akan membangun dua waduk baru di Kabupaten Bogor. Ia menargetkan proyek tersebut bisa terealisasi tahun depan.

"Kita bangun dua-duanya (Cibeet dan Cijuray) kalau dibutuhkan rakyat nanti. 2021 kita bangun, paling lama 2024 selesai. Gak harus bersamaan, tapi dua-duanya," kata Basuki kepada wartawan rakor penanganan banjir Jabar di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (16/1/2020).


Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan penolakan warga Kecamatan Cariu dan Tanjungsari terhadap proyek waduk Cibeet dilakukan karena dianggap manfaatnya bukan untuk warga sekitar. Mengingat, fungsi Waduk Cibeet untuk pengendali banjir di hilir.

"Justru yang dibutuhkan mereka Waduk Cijuray karena kemanfaatannya untuk warga di Cariu dan Tanjungsari. Karena setiap tahun itu pasti kekeringan. Jadi mereka butuh untuk cadangan pengairan sawah," kata Ade di lokasi yang sama.

Menurutnya janji realisasi proyek Waduk Cijuray akan menjadi pegangan Pemkab Bogor ketika menyosialisasikan pembangunan waduk Cibeet. Pihaknya ingin janji pemerintah tersebut ditepati.

"Jadi ketika minta sosialisasi Cibeet kita janjikan juga membangun Cijuray. Itu tentunya betul-betul ke PUPR bangun itu," ujar Ade.

(mud/mso)