Pemkab Cianjur Minta Pembangunan Tol Bosuciba Dipercepat

Ismet Selamet - detikNews
Kamis, 16 Jan 2020 14:28 WIB
Foto: Kepala Bidang Perencanaan Ekonomi dan Infrastruktur, Bappeda Cianjur, Aris Munandar (Ismet Selamet/detikcom)
Foto: Kepala Bidang Perencanaan Ekonomi dan Infrastruktur, Bappeda Cianjur, Aris Munandar (Ismet Selamet/detikcom)
Cianjur - Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat terus mendorong percepatan pembangunan Jalan Tol Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Terutama jalur yang melintas wilayah Kabupaten Cianjur.

Kepala Bidang Perencanaan Ekonomi dan Infrastruktur Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Cianjur Aris Munandar mengatakan, ada dua ruas jalur Tol Bosuciba yang masuk Cianjur.

"Dua ruas itu ialah Sukabumi-Ciodeng (Cianjur) dan Ciodeng-Padalarang (Bandung)," ujar Aris saat ditemui di Kantor Bappeda Cianjur di Jalan Raya Bandung, Kamis (16/1/2020).


Menurutnya, untuk ruas Sukabumi-Ciodeng, Bappeda bakal melakukan rapat koordinasi dengan Kementerian PUPR. Sebab selain trase atau rute yang direncanakan sejak awal, ada jalur alternatif yang bisa jadi opsi jalur yang dilintasi tol tersebut.

"Ada yang melalui jalur utara yang berakhir di Cangklek Kecamatan Cianjur dan trase ke Ciodeng Kecamatan Sukaluyu dengan rute yang sedikit berbeda dengan rute awal. Jadi kita lihat dulu mana yang nantinya ditetapkan berdasarkan hasil rakor dengan Kementerian," ucap Aris.

Sementara itu, untuk rute Ciodeng (Cianjur)-Padalarang (Bandung Barat), sudah ditetapkan trasenya dan tahun ini sudah mulai tahapan pembebasan lahan.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Bappeda Cianjur, untuk ruas jalan tol dari Ciranjang hingga Padalarang, akan melintas di lahan seluas 75,74 hektar dari 743 bidang kepemilikan. Dari luas lahan yang dilintasi, sekitar 30 hektarnya merupakan lahan pertanian dengan irigasi teknis.

"Pembebasan lahan dimulai tahun ini untuk ruas jalan tersebut. Tapi sudah sejauh mana kami akan coba koordinasi lagi dengan OPD (organisasi perangkat daerah) terkait," jelasnya.


Dia menambahkan, Pemkab akan terus mendorong proses dan setiap tahapan pembangunan jalan tol tersebut. Mengingat keberadaan jalur tol akan meningkatkan ekonomi, terutama di exit tol.

"Jadi kami akan upayakan yang Cianjur-Bandung berjalan, yang Sukabumi-Cianjur juga berproses. Sehingga waktu selesainya bisa saling berdekatan. Dengan adanya tol, exit tol biasanya akan menjadi pusat kegiatan ekonomi yang mendorong juga ekonomi daerah," pungkasnya. (mso/mso)