Jabar Minim Bioskop

Deretan Bioskop Jadul di Garut, Ada yang Khusus Film 'Panas' Loh!

Hakim Ghani - detikNews
Kamis, 16 Jan 2020 11:38 WIB
Foto: Hakim Ghani
Garut - Warga Kabupaten Garut hingga saat ini masih antusias menyaksikan film di bioskop. Sebab, sudah 18 tahun di Garut tidak ada bioskop hingga akhirnya bioskop kembali berdiri tahun 2018.

Bioskop yang ada di mal ini merupakan bioskop satu-satunya yang ada di Garut. Namun, ternyata dulu Garut punya empat bioskop yang jadi idola pemuda 80-90an.

Bioskop pertama yakni Intan Sineplek atau yang lebih akrab disapa bioskop Intan. Bioskop ini terkenal karena bangunannya yang cukup bagus di antara bangunan lain pada tahun 90an.

Bioskop tersebut terletak di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota. Bioskop tersebut terletak tak jauh dari pusat perbelanjaan Asia Plaza.

Mulanya, bioskop itu jadi primadona kawula muda tahun 90an. Banyak film yang diputar di sana. Pada awal tahun 2000an, bioskop Intan akhirnya tutup.

"Seingat saya, warga mulai bosan karena film yang diputar di sana itu-itu saja," ucap Rudi (50), salah seorang warga Garut saat diwawancarai detikcom di Jalan Ahmad Yani, Selasa (14/1/2020).

Kadisbudpar Garut, Budi Tangan mengatakan bioskop Intan tutup lantaran perusahaan bangkrut akibat sepinya penonton.

"Jadi bukan ditutup pemerintah, tapi tutup sendiri karena sepi penonton. Film yang diputar di sana itu-itu saja," kata Budi kepada detikcom, Senin (13/1).

Kini bangunan bioskop Intan terbengkalai. Saat dilihat detikcom, Selasa siang, bangunan bioskop Intan kini dimanfaatkan lahan parkir. Pemiliknya bahkan menjual bangunan tersebut.

Beredar kabar bahwa bangunan bioskop Intan kerap dijadikan tempat kongkow-kongkow kawula muda saat ini.

"Mungkin karena tempatnya nyempil," ucap Rudi.

Selain bioskop Intan, ada satu bioskop legendaris di Garut pada zamannya. Bioskop itu adalah Bioskop Cikuray yang berdiri sebelum Bioskop Intan. Konon kabarnya, dulu bioskop ini terkenal karena kerap menayangkan film-film berbau mesum loh!
Selanjutnya
Halaman
1 2