BPBD Pangandaran Dapat Bantuan Kapal Evakuasi

Faisal Amiruddin - detikNews
Rabu, 15 Jan 2020 19:17 WIB
Foto: Faisal Amiruddin
Foto: Faisal Amiruddin
Pangandaran - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan bantuan berupa kapal khusus evakuasi kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pangandaran.

Kapal jenis landing craft tank (LCT) dengan bobot 10 GT ini diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pangandaran Kusdiana, Rabu (15/1/2020) di Pelabuhan Bojong Salawe, Pangandaran.

Salah seorang petugas BNPB Adam Malik mengatakan kapal LCT khusus evakuasi ini diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok dengan jalur darat atau diangkut truk trailer.

Adam menjelaskan kapal evakuasi ini buatan Indonesia, dirakit pada 2014 berbahan aluminium sehingga tidak mudah berkarat. Ada 10 tempat duduk serta memiliki 2 unit mesin pacu. "Kapal LCT hanya ada dua, yang satu dikirim ke Danau Toba di Sumatera Utara dan satu lagi dikirim ke Pangandaran," ujar Adam.

Sekretaris Daerah Kabupaten Pangandaran Kusdiana mengapresiasi bantuan tersebut. "Tentu ini menjadi bantuan yang sangat berharga bagi kami, sehingga sarana untuk penanganan kedaruratan, baik itu bencana maupun kecelakaan laut, jadi lebih mumpuni," kata Kusdiana.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pangandaran Nana Ruhena mengatakan bantuan kapal evakuasi ini sudah diusulkan ke BNPB sejak setahun lalu dan baru terealisasi sekarang.

"Sementara ini kapal kami sandarkan dulu di Pelabuhan Bojongsalawe. Nanti akan kita siagakan di pantai timur Pangandaran," kata Nana. (ern/ern)