Kasus Korupsi, Eks Dirut Jasa Tirta II Didakwa Rugikan Negara Rp 4,9 M

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 15 Jan 2020 15:55 WIB
Mantan Direktur Utama Perum Jasa Tirta (PJT) II Djoko Saputro (Foto: Dony Indra Ramadhan  /detikcom)
Mantan Direktur Utama Perum Jasa Tirta (PJT) II Djoko Saputro (Foto: Dony Indra Ramadhan /detikcom)
Bandung - Mantan Direktur Utama Perum Jasa Tirta (PJT) II Djoko Saputro didakwa melakukan korupsi hingga Rp 4,9 miliar lebih. Duit korupsi itu dibagikan ke beberapa anak buahnya.

Hal itu terungkap dalam sidang dengan agenda pembacaan dakwaan atas kasus korupsi pengadaan jasa konsultasi pengembangan sumber daya manusia (SDM) PJT II di Pengadilan Tipikor Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Rabu (15/1/2020). Dalam sidang tersebut, Djoko duduk sebagai terdakwa.

"Terdakwa telah melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara," ucap jaksa KPK saat membacakan surat dakwaan.


Berdasarkan penghitungan, kerugian negara atas perbuatan Djoko sebesar Rp 4.957.386.840. Jumlah tersebut berdasarkan laporan hasil pemeriksaan investigatif dalam rangka penghitungan kerugian negara atas pengadaan pekerjaan jasa konsultasi tahun 2017 pada Perum Jasa Tirta II.

Jaksa mengatakan kasus ini berawal saat Djoko menjabat dirut pada 2016. Saat itu dia meminta dilakukan relokasi anggaran dengan cara mengalokasikan tambahan anggaran pada pekerjaan pengembangan SDM dan strategi korporat.



Tonton juga video Praperadilan Eks Dirut Jasa Tirta II Ditolak:


Selanjutnya
Halaman
1 2