9 Palang Pintu KA Dipasang di Sepanjang Cibatu-Garut Kota

Hakim Ghani - detikNews
Rabu, 15 Jan 2020 13:04 WIB
Jalur kereta di Garut (Hakim Ghani/detikcom)
Garut - Kereta api Cibatu-Garut tak lama lagi akan beroperasi. Pemkab Garut bersiap dengan menyiapkan sejumlah sarana penunjang.

Kepala Dinas Perhubungan Garut Suherman mengatakan pemerintah daerah akan membangun tiga palang pintu perlintasan kereta api dalam waktu dekat. "Persiapan kereta, kami akan bangun palang pintu perlintasan kereta. Ada sembilan yang akan dibangun," ujar Suherman kepada wartawan di Setda Garut, Jalan Pembangunan, Garut, Jawa Barat, Rabu (15/1/2020).

Ada sembilan palang pintu perlintasan kereta api yang saat ini tengah dikerjakan oleh Pemkab Garut. Kesembilan palang pintu itu tersebar di beberapa titik yang ada di Kecamatan Wanaraja hingga Garut Kota.


Suherman menjelaskan pembangunan palang pintu itu dilakukan untuk menunjang beroperasinya KA Cibatu-Garut.

"Pemkab mendukung penuh reaktivasi kereta api Cibatu-Garut ini. Untuk itu, kami siapkan berbagai fasilitas penunjangnya," kata Suherman.

KA Cibatu-Garut diprediksi akan mulai melaju pada Februari 2020 ini. Saat ini pembangunan rel kereta sudah hampir sampai di Stasiun Garut, Jalan Veteran, Kecamatan Garut Kota. Sebenarnya KA Cibatu-Garut sempat beroperasi zaman dulu. Namun, pada 1980, operasinya disetop. (bbn/bbn)