Jelang Pilkada Serentak 2020, Ridwan Kamil Ajak Warga Perangi Berita Bohong

Ismet Selamet - detikNews
Rabu, 15 Jan 2020 11:50 WIB
Gubenur Jabar Ridwan Kamil meresmikan kantor PCNU Cianjur/Foto: Ismet Selamet
Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta semua pihak menjaga persaudaraan dan kondusifitas jelang pelaksanaan Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) serentak 2020. Ia mewanti-wanti untuk memerangi berita bohong.

"Saya titip untuk warga Cianjur dan warga di daerah lain yang menggelar Pilkada serentak untuk tetap jaga kondusifitas," ujar Kang Emil saat menghadiri peresmian Kantor PCNU Cianjur, Rabu (15/1/2020).

Menurut Kang Emil, Pilkada merupakan agenda pesta demokrasi yang sudah rutin digelar. Oleh karenanya, jangan ada perpecahan dalam momentum politik tersebut.

Salah satu upaya untuk menguatkan ukhuwah atau persaudaraan, yakni dengan memerangi berita bohong.

Di antaranya dengan menyaring informasi yang tersebar baik melalui media sosial ataupun pesan dari aplikasi percakapan. Menurutnya informasi bohong dapat memicu perpecahan.

"Ketika mendapatkan informasi, cek terlebih dulu kebenarannya. Cek di media yang bisa dipercaya. Kalau tidak ada di pemberitaan, jangan dishare," ungkap Emil.

"Mari kita jaga kondusifitas, lawan yang merusak kondusifitas di Cianjur dan Jawa Barat," tambah Emil.

Di sisi lain, Emil juga mengapresiasi setiap organisasi dan kelompok yang sudah berjuang dalam menjaga kondusifitas dan persatuan umat. "Salah satunya NU yang terus menjaga dan melawan dari pihak yang mengadu domba. Kami harap kondusifitas terus terjaga," imbuhnya.


(ern/ern)