Jabar Minim Bioskop

11 Daerah di Jabar Belum Punya Bioskop, Ridwan Kamil Singgung Banyuwangi

Mukhlis Dinillah - detikNews
Selasa, 14 Jan 2020 18:54 WIB
Foto: Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Mukhlis Dinillah/detikcom)
Bandung - Gubernur Jabar Ridwan Kamil angkat bicara mengenai 11 daerah yang belum punya bioskop. Ia menceritakan pengalamannya nonton bioskop di Banyuwangi.

Kang Emil sapaannya mengatakan keberadaan bioskop bukan hanya sekedar sarana hiburan masyarakat. Jauh dari itu, bioskop menjadi sarana mengapresiasi perfilman tanah air.

"Jadi ekonomi kreatif ini salah satunya film. Saat ini telah terjadi kebangkitan film-film Indonesia. Idealnya itu diapresiasi oleh masyarakat di Jabar lewat bioskop-bioskop," kata Kang Emil di kantor Disdik Jabar, Kota Bandung, Selasa (14/1/2020).

Ia menceritakan pengalamannya nonton bioskop ketika berkunjung ke Banyuwangi, Jawa Timur. Fasilitas bioskop di daerah tersebut terbilang sederhana kalau dibandingkan bioskop di kota-kota besar.

"Bioskop itu enggak harus selalu mewah dan berada di mal. Banyuwangi saya nonton bioskop, bioskopnya gedung biasa saja kayak balai RW," tutur dia.

Dia mengaku akan berkomunikasi dengan pemerintah daerah yang belum punya bioskop. Biasanya, daerah yang belum punya bioskop hingga saat ini berbenturan dengan kultur.

"Kalau masih belum ada saya tanya dulu. Kadang-kadang jawabannya kultural, ketidaksetujuan kultural, seperti di Aceh," ujar Kang Emil. (mud/ern)