Pemkot Bandung Izinkan Persib Gunakan GBLA Hanya untuk Latihan

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 14 Jan 2020 12:11 WIB
Foto: Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana (tengah) bersama Direktur PT PBB Teddy Tjahjono (baju hitam) tinjau Stadion GBLA (Dony Indra Ramadhan/detikcom).
Foto: Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana (tengah) bersama Direktur PT PBB Teddy Tjahjono (baju hitam) tinjau Stadion GBLA (Dony Indra Ramadhan/detikcom).
Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung belum memberikan lampu hijau terkait stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) digunakan untuk pertandingan Persib Bandung. Pemkot baru membolehkan lapangan digunakan hanya untuk latihan Maung Bandung.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan belum bisa digunakanya stadion tersebut untuk menggelar pertandingan lantaran belum ada serah terima dari Adhi Karya selaku pengembang ke Pemkot Bandung.

"Ya kan masih ada ganjalan serah terima sama Adhi Karya, pemberi izin juga, kepolisian juga kan," ucap Yana saat meninjau lapangan GBLA Bandung di Gedebage, Selasa (14/1/2020).


Peninjauan ke Stadion GBLA dilakukan Yana pagi tadi. Selain dari Pemkot Bandung, Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahjono juga ikut meninjau.

Yana menyatakan proses serah terima belum dilakukan sampai saat ini. Pihaknya juga belum bertemu dengan ketiga tersebut untuk membahas permasalahan yang ada di Stadion GBLA.

"Komunikasi terus ya, tinggal ketemunya. Kita nggak bisa paksa juga, tapi komuniaksi baik, yang penting aset milik rakyat ini sudah bisa dimanfaatkan termasuk oleh Persib," tutur Yana.

Meski begitu, Yana memastikan bila Persib bisa menggunakan area lapangan GBLA. Namun, penggunaan hanya sebatas untuk latihan punggawa 'Maung Bandung'.

"Kita baru bicara untuk latihan dulu. Jadi hari ini Pemkot melihat kondisi terakhir GBLA. Kita sengaja ajak teman-teman dari PT PBB untuk ke depan mudah-mudahan ada sepemahaman untuk GBLA bisa dipakai latihan teman-teman Persib," tutur Yana.

Sementara itu Direktur PT PBB Teddy Tjahjono mengatakan dengan diperbolehkannya Persib menggunakan Stadion GBLA untuk latihan, hal ini dapat menunjang kualitas latihan Persib.

"Kami sih terima kasih sudah dibantu Pak Yana, dikasih saat ini diberikan tempat latihan dulu. Dengan adanaya tempat latihan permanen, bisa menunjang Persib untuk bisa berlatih dengan baik," ucap Teddy.


Sementara terkait home base Persib untuk Liga 1 musim depan, PT PBB belum menentukan apakah akan menjadikan Stadion GBLA sebagai markas. Pihaknya masih akan mendiskusikan terlebih dahulu dengan Pemkot Bandung.

"Kita akan diskusikan lebih lanjut dengan Pemkot. Karena ada beberapa hal yang (harus) diselesaikan dulu sebelum bisa dikerjasamakan," kata Teddy. (dir/mso)