Warga Sumedang Komplain soal Patok PT KAI

Muhamad Rizal - detikNews
Senin, 13 Jan 2020 20:15 WIB
Patok PT KAI di Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. (Foto: Muhamad Rizal/detikcom)
Sumedang - Pemprov Jawa Barat bersama PT KAI berencana reaktivasi sejumlah jalur kereta api. Lokasi reaktivasi jalur kereta itu antara lain Rancaekek (Kabupaten Bandung) hingga Tanjungsari (Kabupaten Sumedang).

Sejumlah patok milik PT KAI sudah dipasang di daerah Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Keberadaan patok tersebut membuat segelintir warga setempat bingung dan komplain ke pemerintah desa.

Asep (38), warga Dusun Cigondo, Desa Cilayung, terkejut dengan adanya patok beton putih-biru yang bertuliskan PT KAI, beberapa waktu lalu. "Tiba-tiba patok sudah ada, tanpa diberitahu ataupun sosialisasi kepada warga," kata Asep saat ditemui di halaman rumahnya, Senin (13/1/2020).


Asep mengakui bangunan rumahnya berada di lahan milik PT KAI. Namun, Asep tidak mengetahui bahwa lahan yang digunakannya ini masuk reaktivasi jalur kereta. Ia mengungkapkan rumah tersebut sudah dihuni secara turun temurun sejak puluhan tahun lamanya.

"Rumah saya ini sudah lama ada, sejak nenek moyang. Saya cuma meneruskannya, tidak tahu diaktifkannya lagi jalur kereta api. Tanah ini memang bukan milik nenek moyang saya, soalnya saya bayar," tutur Asep.

Semenjak ada patok tersebut, Asep bersama warga lainnya mendatangi kantor desa. "Warga komplain ke kantor kepala desa, malahan warga menyusuli pegawai yang pasang patok," ucapnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2