Pakai Mobil, Sekelompok Milenial Begal Pengendara di Bandung

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 13 Jan 2020 15:49 WIB
Foto: Dony Indra Ramadhan
Bandung - Aksi pembegalan di Kota Bandung dilakukan dengan cara baru. Mereka mengendarai mobil saat mengincar korbannya.

Begal mobil ini terungkap oleh Tim Resmob Polrestabes Bandung berdasarkan empat laporan polisi di Kota Bandung. Ada lima orang pelaku yang ditangkap di mana satu di antaranya perempuan di bawah umur. Mereka ditangkap pada Kamis (9/1) lalu di kawasan Rancaekek, Kabupaten Bandung.

Empat orang begal yaitu M Akbar alias Abang (19), Yosep Firmansyah alias Onyon (19), Alif Indra Rukmana alias Alif (22) dan perempuan berinisial TIR (17). Selain itu, polisi juga menangkap satu orang penadah bernama Ruslan Supriadi (27).

"Ini perbuatan curas yang dilakukan dengan alternatif baru karena pelaku menggunakan kendaraan roda empat, biasanya pelaku menggunakan roda dua," ucap Kasat Reskrim Polrestabes Bandung AKBP Galih Indragiri di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Senin (13/1/2020).

Galih mengatakan dalam aksinya, mereka membagi peran. Ada yang mengendarai mobil, ada juga yang berperan sebagai eksekutor saat mendapatkan korban.

"Modusnya ini sama seperti jambret lainnya. Saat korban berjalan, ada kesempatan lalu mobil memepet kendaraan korban dan eksekutor menarik tas korban secara paksa," kata Galih.

Berdasarkan pengakuan pelaku ke penyidik, mereka mengaku sudah enam kali melakukan aksinya di enam tempat yang berbeda. Adapun keenam tempat itu yakni Jalan Moch Toha, Jalan Naripan, Jalan Asia Afrika, Jalan Caringin dan Jalan Cincin Kabupaten Bandung.

"Mereka melakukan aksinya ini setiap malam hari. Jadi mereka muter sampai berhasil mendapatkan korban," tutur Galih.

Polisi mengamankan sejumlah barang bukti dari tangan para pelaku. Barang bukti berupa mobil yang digunakan saat beraksi dan sejumlah barang berupa ponsel hasil penjambretan.

Polisi menjerat tersangka dengan Pasal 365 KUHPidana. Ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara. (dir/ern)