Jusuf Kalla Terima Doktor Kehormatan dari ITB, Ridwan Kamil: Pak JK Teladan

Mukhlis Dinillah - detikNews
Senin, 13 Jan 2020 14:56 WIB
Foto: Mukhlis Dinillah
Bandung - Jusuf Kalla (JK) mendapatkan gelar Doktor Kehormatan ke-14 dari ITB. Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang hadir di acara penganugerahan pun mengapresiasi kiprah Wapres RI dua periode itu.

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, mengaku JK sangat memberikan teladan bagi pemimpin muda. Gagasan dan kebijakannya selama menjadi pimpinan negara sangat berdampak besar terhadap kemaslahatan bangsa.

"Bagi saya adalah teladan pak JK adalah pebisnis, politisi juga birokrat juga bergabung dalam satu individu memberikan perubahan yang luar biasa," kata Kang Emil usai penganugerahan di Aula Barat ITB, Kota Bandung, Senin (13/1/2020).

Ia menuturkan ada beberapa transformasi dilakukan JK yang memberikan dampak besar bagi Indonesia. Misalnya yang paling fenomenal yaitu konversi dari penggunaan minyak tanah ke gas.

"Salah satu yang paling fenomenal kan konversi minyak tanah ke gas itu dipuji sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Hanya dalam 3 tahun, 60 juta rumah bisa mengubah dari ketergantungan energi yang mahal jadi lebih murah," tutur dia.

Menurutnya inovasi lainnya yang hadir dalam industri tanah air yaitu pengembangan industri PT Pindad. JK berhasil mendorong perusahaan plat merah tersebut memproduksi panser Anoa sendiri dengan harga yang lebih terjangkau.

"Jadi beliau dorong PT Pindad buat panser Anoa yang harganya 50 persen lebih murah dibandingkan impor," ungkap dia.

"Beliau bisa bangun bandara lebih murah, membantu pembangkit listrik tenaga air tampa tenaga asing. Semua sudah banyak teorinya di akademik tapi yang mempraktikkan pak JK," ujarnya menambahkan.

Ia menyebut sebagai pemimpin muda, JK memberikan keteladanan dalam menyejahterakan masyarakat.

"Ini hikmah bagi kami pemimpin muda mengikuti jejak beliau sebagaimana mengedepankan kesejahteraan bangsa dengan ilmu sains dalam keputusan yang lebih baik," ujar Kang Emil. (mud/ern)