Jabar Sepekan: Anak Bupati Majalengka Bebas, Wajah Anyar Persib Bandung

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 11 Jan 2020 11:04 WIB
Foto: Sudirman Wamad

Anak Bupati Majalengka Bebas

Irfan Nur Alam, anak Bupati Majalengka Karna Sobahi, menghirup udara bebas. Irfan dibebaskan karena divonis ringan oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Majalengka, yakni 1 bulan 15 hari.

Irfan terbukti bersalah dalam kasus penembakan seorang kontraktor. Irfan melanggar Pasal 360 Ayat 2 tentang kelalaian yang menyebabkan orang lain terluka.

Sidang vonis terhadap Irfan itu digelar pada Senin, 30 Desember 2019. Kasus penembakan itu berlangsung 10 November 2019. Enam hari setelah kejadian, polisi menahan lelaki tersebut. Hingga akhirnya Irfan divonis 1,5 bulan.

Kristiawanto, kuasa hukum Irfan, sempat menunggu putusan jaksa dan lembaga pemasyarakatan (lapas) terkait eksekusi Irfan. Sebab, saat proses persidangan vonis yang digelar pada 30 Desember, tercatat merupakan hari ke-15 Irfan ditahan.

"Sekarang sudah bebas. Setelah dihitung oleh jaksa dan petugas lapas terkait potongan masa tahanan, tepatnya Selasa, 31 Desember lalu, Saudara Irfan dinyatakan bebas," kata Kris kepada detikcom, Rabu (8/1/2019).

Sebelumnya, Kris menyerahkan sepenuhnya proses eksekusi penghitungan masa tahanan Irfan. "Putusan majelis hakim itu satu bulan 15 hari. Terkait proses eksekusi, tugasnya jaksa dan petugas lapas. Mereka yang mempunyai kewenangan menghitung atau memastikan kapan klien kami keluar (bebas dari tahanan)," kata Kris.

Setelah hasil eksekusi perhitungan masa tahanan diumumkan, lanjut dia, pihaknya akan mendiskusikan keputusan tersebut dengan anak Bupati Majalengka. Saat ditanya mengenai upaya pengajuan ganti rugi jika melebihi masa tahanan, Kris belum bisa berspekulasi.

"Nanti akan kami diskusikan dengan klien setelah proses eksekusi," ujar Kris.

Selain menghukum 1 bulan 15 hari kurungan penjara, majelis hakim mencabut izin penggunaan senjata api (senpi) milik Irfan. Majelis hakim sependapat dengan JPU tentang pencabutan izin penggunaan senpi tersebut.

Wajah Baru di Skuad Persib Bandung

Persib Bandung bergerak lambat dalam perburuan pemain jelang musim Liga 1 2020. Sejauh ini baru ada tiga rekrutan anyar di antaranya dua pemain dan satu patih kiper.

Victor Igbonefo dibawa pulang skuad asuhan Robert Rene Alberts dari Liga Thailand PTT Rayong. Bek bertahan 34 tahun itu sudah resmi diumumkan Maung Bandung sebagai rekrutan pertama.

Wajah baru lainnya yaitu Beni Oktovianto. Eks bomber Persiba Balikpapan itu dikontrak satu tahun dengan opsi perpanjangan.

"Saya sudah kontrak satu tahun opsi perpanjangan," kata Beni kepada wartawan.

Robert juga merombak stafnya dengan mendatangkan pelatih kiper baru Luizinho Passos. Juru latih berkepala plontos itu diangkut dari Borneo FC.

Pada latihan perdana yang digelar di Stadion Arcamanik, Kota Bandung, Jumat (10/1), Beni dan Passos terlihat bergabung bersama tim. Sedangkan Victor belum tampak absen.

Sejauh ini ada beberapa pemain yang dikabarkan selangkah lagi berjersey Maung Bandung. Ada nama penyerang naturalisasi Guy Junior dan winger Timnas U-23 Saddil Ramdani.
Halaman

(mud/ern)