Antisipasi Banjir, Polisi Bakal Patroli Tanam Pohon di Bandung

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 10 Jan 2020 10:16 WIB
Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom
Bandung - Polrestabes Bandung mengerahkan personel guna melaksanakan patroli keliling Bandung. Polisi akan berpatroli mencari lahan kosong guna ditanami pohon.

"Tim patroli akan melihat dan berkoordinasi kalau kosong akan kami tanami pohon," ucap Kabag Sumda Polrestabes Bandung AKBP Mahmud di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Jumat (10/1/2020).


Penanaman pohon ini merupakan program Polri guna mencegah terjadinya banjir. Sebab proses penghijauan menjadi salah satu faktor yang bisa mengantisipasi banjir.

Sebagai langkah awal, Polrestabes Bandung sendiri sudah mulai melakukan penanaman pohon tersebut. Penanaman dilakukan di halaman Mapolrestabes Bandung dan asrama polisi.

"Total pohon yang ditanam ada 2.302 pohon yang terdiri dari pohon keras hingga pohon produksi," kata dia.


Adapun pohon yang ditanam meliputi pohon keras seperti Mahoni dan Bintaro. Sementara pohon produksi berupa pohon mangga, lengkeng, sawo dan rambutan.

"Ini merupakan tindak lanjut dari program Kapolri peduli lingkungan khususnya penghijauan dalam rangka mengantisipasi banjir maupun dunia yang dianggap gersang," kata Mahmud.

Menurut Mahmud untuk saat ini penanaman pohon masih dilakukan di sekitar halaman kantor polisi hingga asrama polisi. Namun tak menutup kemungkinan pohon-pohon juga akan ditanam di wilayah lain yang masih kosong.

"Kalau kosong kami akan tanami. Kami ada stok cukup banyak," ujarnya. (dir/mso)