ADVERTISEMENT

Unak Anik Jabar

Penampakan Jenglot Penghuni Museum di Ciamis, Bikin Merinding!

Dadang Hermansyah - detikNews
Kamis, 09 Jan 2020 18:31 WIB
Foto: Penampakan jenglot koleksi Meseum Galuh Imbanagara, Kabupaten Ciamis (Dadang Hermansyah/detikcom).
Ciamis - Museum Galuh Imbanagara menyimpan berbagai benda pusaka bersejarah, terutama peninggalan bupati Galuh terdahulu. Selain itu, terdapat koleksi benda yang beraroma mistis, yang menghuni museum tersebut. Ada jenglot atau batara karang yang misterius tersimpan rapi di lemari.

Sewaktu detikcom berkunjung ke museum, terlihat dua jenglot disimpan di lemari. Posisinya tertidur. Jenglot tersebut memiliki rambut hitam panjang, ada dua taring di mulutnya, dan memiliki kuku panjang di kedua tangannya. Meski ukurannya kecil, wujudnya menyeramkan.


Pengelola Museum Galuh Imbanagara Rd Ilham Purwa menjelaskan asal usul dua jenglot tersebut masih misterius. Jenglot sudah ada di museum tersebut sejak lama, titipan dari keluarga keturunan bupati Galuh.

"Fungsinya dulu mah sesuai dengan keadaan. Pada zaman perang, jadi masih menyimpan. Kalau sekarang sudah beda zaman, jadi dititipkan disini, pemiliknya sudah meninggal," ujar Ilham kepada detikcom Rabu 8 Januari 2020.

Penampakan Jenglot Penghuni Museum di Ciamis, Bikin Merinding!Foto: Penampakan jenglot di Museum Galuh Imbanagara (Dadang Hermansyah/detikcom).


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT