Pemkab Ciamis Bentuk Tim Khusus Pantau Genangan Air di Jalan Kota

Dadang Hermansyah - detikNews
Kamis, 09 Jan 2020 10:47 WIB
Foto: Bupati Ciamis Herdiat Sunarya sedang meninjau genangan air (Istimewa).
Ciamis - Genangan air di jalan perkotaan selalu menjadi persoalan krusial saat musim hujan, hingga menyebabkan kemacetan lalu lintas. Pemkab Ciamis melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) memiliki jurus jitu, dengan membentuk Satgas Quick Respon.

Satgas ini dibentuk di tingkat Kabupaten hingga UPTD Kebersihan sebanyak 4 kelompok, yakni Ciamis, Kawali, Banjarsari dan Panumbangan. Setiap kelompok beranggotakan 10 orang. Tugasnya monitoring dan meninjau jalan ketika hujan deras menguyur wilayah Ciamis. Tim ini akan selalu siaga meski hujan belum turun.

"Tugasnya meninjau jalan-jalan di perkotaan, khusus untuk UPTD di daerah, ketika terjadi genangan air langsung akan ditindak supaya air bisa mengalir tidak menggenang," ujar Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan DPRKPLH Ciamis Giyatno di Kantornya Jalan RAA Kusumasubrata, Kamis (9/1/2020).


Dia mengungkapkan, beberapa titik perkotaan Ciamis yang sering terkena genangan air cukup tinggi seperti Jalan Iwa Kusumasomantri sekitar RS Permata Bunda, simpang Golkar, Jalan Juanda sekitar Bebedilan dan sekitar Stadion. Penyebabnya karena drainase tertutup sampah, daun, tanah dan lainnya.

Padahal, kata dia, petugas kebersihan juga kerap membersihkan sampah di saluran drainase. Namun ketika hujan, masih saja ada sampah yang terbawa air menutup saluran hingga terjadi genangan yang menyebabkan jalan macet.

"Kami mengimbau masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya. Ikut berperan aktif membersihkan gorong-gorong. Jalankan kegiatan Jumat bersih dan gotong royong secara rutin," kata Giyatno.


Sebelumnya, pada Selasa (7/1/2020) sore, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya terjun langsung meninjau dan mengatasi sejumlah titik genangan air di jalan perkotaan Ciamis. Aksi tersebut diabadikan melalui foto dan sempat viral di media sosial, dan mendapat berbagai reaksi dari warganet.

Sebagai orang nomor 1 di Ciamis, ia rela hujan-hujanan sambil mengenakan jas hujan meninjau penyebab genangan air di jalan Iwa Kusumasomantri dan jalan di depan Stadion. (mso/mso)