ADVERTISEMENT

Parpol Nonparlemen Bersatu Usung Paslon Independen di Pilbup Cianjur

Ismet Selamet - detikNews
Rabu, 08 Jan 2020 14:54 WIB
Parpol nonparlemen di Kabupaten Cianjur (Ismet Selamet/detikcom)
Cianjur - Suhu politik jelang Pilkada Serentak 2020 di Kabupaten Cianjur mulai menghangat. Sejumlah partai politik yang tergabung dalam Koalisi Parpol Nonparlemen juga telah membangun kekuatan untuk mengusung atau mendukung pasangan Muhammad Toha-Ade Sobare sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Cianjur melalui jalur independen.

Untuk diketahui, Koalisi Parpol Nonparlemen terdiri atas partai politik yang tidak memiliki keterwakilan di DPRD Kabupaten Cianjur. Ada tujuh parpol yang tergabung dalam koalisi tersebut, yakni Partai Hanura, Perindo, PSI, PBB, Partai Berkarya, Partai Garuda, serta PKPI.

Juru bicara Sekretariat Bersama Koalisi Parpol Nonparlemen Beni Rustandi mengatakan dua nama yang diusung merupakan hasil kesepakatan di antara partai politik. Pengalaman serta popularitas kedua calon tersebut menjadi pertimbangan utama ditetapkannya mereka sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati dari jalur independen.


"Awalnya baru ada satu nama, yakni Muhammad Toha yang sudah ditetapkan sebagai calon bupati. Sedangkan untuk wakilnya masih didiskusikan. Tetapi, setelah pembahasan panjang, pada akhirnya ditetapkan Ade Sobari sebagai calon wakil bupati mendampingi Muhammad Toha," terang Beni saat ditemui di kawasan Jalan Kh Abdullah bin Nuh, Rabu (8/1/2020).

Muhammad Toha merupakan Ketua MPC Partai Bulan Bintang (PBB) Cianjur, sedangkan Ade Sobari merupakan Ketua DPC Partai Hanura Cianjur. Keduanya menjadi anggota DPRD selama beberapa periode sebelum tidak terpilih lagi pada Pileg 2019.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT