Bangun Underpass, Pemkot Cimahi Siapkan Rp 105 Miliar

Yudha Maulana - detikNews
Rabu, 08 Jan 2020 13:41 WIB
Pembangunan underpass di Kota Cimahi (Yudha Maulana/detikcom)
Cimahi - Pemerintah Kota Cimahi menyiapkan anggaran Rp 105 miliar untuk membangun underpass yang melintang dari Jalan Dustira hingga Sriwijaya. Underpass ini dibangun untuk mengurai kemacetan, salah satunya di perlintasan kereta saat pagi atau sore hari di kawasan tersebut.

"Informasi Pergub mengenai Banprov ada anggaran untuk underpass. Nilainya Rp 105 miliar, tapi dibagi untuk fisik Rp 102 miliar dan pengawasan Rp 3 miliar," ujar Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Cimahi Wilman Sugiansyah saat ditemui di kantor Pemkot Cimahi, Rabu (8/1/2020).


Saat ini Pemkot Cimahi tengah melakukan penjajakan kerja sama pemanfaatan ruang dengan PT KAI setelah mendapatkan izin dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Perencanaan semua sudah selesai, tinggal menunggu kerja sama dengan PT KAI. Jadi belum bisa memasukkan lelang, tapi sedang pengumpulan dokumen," katanya.

Spesifikasinya, underpass tersebut memiliki panjang 850 meter dengan lebar 7 meter untuk jalan, dengan penambahan 1 meter untuk trotoar di sisi kiri dan kanan. Jalur tersebut nantinya akan berada di kolong rel kereta.

"Posisi underpass itu sejajar dengan Jalan Dustira. Kendaraan nanti masuk terowongan di bawah rel lalu keluar di Jalan Sriwijaya. Pengerjaan underpass juga dipastikan tidak mengganggu arus lalu lintas jalan raya dan laju kereta api," katanya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Cimahi Ngatiyana meminta segera dilakukan sosialisasi terkait rencana pembangunan tersebut. Apalagi bangunan di pinggir rel kereta yang digunakan pedagang akan ditertibkan.


"Harus mulai sosialisasi dari sekarang, meskipun mereka mengontrak ke PT KAI, tetap mesti dikomunikasikan dulu. Jangan sampai ada bentrokan saat nanti asetnya dibebaskan untuk membuat underpass," ujar Ngatiyana.

Ia berharap pembangunan underpass bisa dilaksanakan sesegera mungkin untuk mengurangi kemacetan. "Mudah-mudahan mengurangi kemacetan secara drastis kalau underpass jadi dibangun nanti," katanya. (mso/mso)