Muncul Lubang di Dekat Proyek Kereta Cepat, Warga Bandung Barat Resah

Yudha Maulana - detikNews
Selasa, 07 Jan 2020 16:08 WIB
Bekas lubang yang terkena proyek kereta cepat Jakarta-Bandung (Foto: Yudha Maulana/detikcom).
Bandung Barat - Warga Kampung Dangdeur, Desa Rendeh, Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB) digegerkan dengan kemunculan sebuah lubang dengan diameter 10 meter pada 1 Januari 2020 lalu.

Warga menyebut, lubang itu muncul saat hujan deras mengguyur kawasan di sekitar proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung tersebut sore hari.

Sofyan (46), warga sekitar, mengatakan kejadian itu pertama kali disaksikan oleh warga lainnya yang melintas di punggungan bukit tersebut. Kejadian itu, terjadi sekitar pukul 16.30 WIB.

"Di sana itu tumbuh pohon kayu jaran, tapi kok pelan-pelan pohon tersebut jadi pendek," ujar Sofyan saat ditemui di rumahnya, Selasa (1/7/2020).


Ia mengatakan, setelah itu, tiba-tiba tanah menjadi ambles dan menyisakan lubang dengan kedalaman belasan meter. Pasalnya, pohon jaran yang memiliki tinggi sekitar 4 meter itu tak kelihatan lagi batang pohonnya.

"Informasinya ada pengecoran terowongan di bawahnya, dari KCIC juga langsung melihat ke rumah warga, untuk melihat kemungkinan adanya kerusakan," ucapnya.

Pantauan detikcom pada Selasa, 7 Januari 2020, lubang tersebut telah ditutupi oleh terpal berwarna biru. Informasi dari warga, pihak KCIC menambal lubang tersebut dengan pasir bercampur semen.


Nandang (42), mengaku khawatir jika muncul kembali lubang susulan. Sebab, terowongan 7 kereta cepat itu melintas di bawah tanah rumahnya. "Kalau rasa khawatir ada, tapi katanya kalau ada apa-apa bakal diganti," ujarnya.



Lubang Besar Tiba-tiba Muncul di Tengah Sawah Gunungkidul:

[Gambas:Video 20detik]

(mso/mso)