Diduga Menipu, Adik Plt Bupati Cianjur Dipolisikan

Ismet Selamet - detikNews
Senin, 06 Jan 2020 22:22 WIB
Foto: Ilustrasi oleh Mindra Purnomo
Cianjur - DL, adik kandung Plt Bupati Cianjur Herman Suherman, dilaporkan ke polisi terkait dugaan penipuan dan penggelapan uang dengan nominal mencapai Rp 1,7 miliar. Uang itu ditransferkan seorang pengusaha kepada DL pada 2018. Duit itu sebagai uang muka proyek pembangunan senilai Rp 20 miliar yang bersumber dari APBD Cianjur.

Shalatuddin, kuasa hukum pelapor, menjelaskan awal kasus dugaan penipuan itu ketika kliennya dikenalkan pada DL oleh menantu dari DL. Dari pertemuan itu DL menyebutkan jika ada beberapa proyek pembangunan yang didapatnya pada 2018 dengan sumber anggaran APBD.


Ia mengungkapkan, proyek itu di antaranya pembangunan trotoar di Jalan Dr Muwardi depan Pasar Muka, dan puskesmas. Nominal proyek mencapai Rp 20 miliar.

Berdasarkan kesepakatan, sambung Shalatuddin, proyek itu akan dikerjakan oleh DL. Pembagiannya yaitu 60 persen untuk pengusaha dan 40 persen untuk DL dari total keuntungan hasil pembangunan. Menurut dia, DL menyebutkan bahwa pekerjaan itu sudah disetujui sang kakak, Herman Suherman, yang pada saat itu masih menjabat sebagai wakil bupati Cianjur.

"Untuk mendapatkan proyek itu, dikirimkan dulu uang sebesar Rp 1,7 miliar sebagai uang fee awal bagi DL. Dikirimkannya langsung ke rekening DL," kata Shalatudin, Senin (6/1/2020).
Selanjutnya
Halaman
1 2 3