Komisi X DPR RI Minta Kegiatan Belajar di Wilayah Bencana Tak Terganggu

Mukhlis Dinillah - detikNews
Jumat, 03 Jan 2020 20:25 WIB
Foto: Dok. PKB
Bandung - Bencana banjir dan longsor tengah melanda sejumlah wilayah di tanah air. Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda meminta dinas pendidikan di daerah menjamin proses kegiatan belajar mengajar (KBM) tak terganggu.

"Kami minta agar dinas pendidikan bersama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengambil inisiatif agar proses pembelajaran tidak terganggu," ujar Huda di Bandung, Jumat (3/1/2020).
Menurutnya Disdik di daerah harus mendata berapa banyak sekolah yang terdampak banjir. Kemudian dinas pendidikan juga perlu mempersiapkan agar sekolah bisa dimulai tepat waktu.

Selain itu, kepala sekolah dan guru juga diminta untuk menjelaskan pada siswa mengenai banjir, dan bagaimana mitigasi bencananya. Dengan kembali ke sekolah, trauma anak-anak korban banjir terobati.

"Dengan kembali ke sekolah, anak-anak korban banjir mendapat suasana baru dan tidak larut dalam kondisi bencana," ungkap politisi PKB itu.

Huda juga meminta disdik daerah untuk turut memberikan bantuan seragam maupun perlengkapan sekolah pada korban banjir.

Seperti diketahui, Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo mengatakan korban banjir Jabodetabek, Jawa Barat, dan Banten bertambah menjadi 46 jiwa.


Tonton juga Tolong! Masih Ada Korban Longsor Sukajaya yang Terisolasi :

[Gambas:Video 20detik]

(mud/mso)