25 Ribu Kendaraan Masuk Geopark Ciletuh Saat Libur Tahun Baru

Syahdan Alamsyah - detikNews
Jumat, 03 Jan 2020 20:10 WIB
(Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi - Sekitar 25 ribu kendaraan memasuki sejumlah ruas jalan dari arah Jakarta dan Bogor menuju lokasi wisata di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu sepanjang libur natal dan tahun baru. Meski ramai, aktivitas rekayasa lalu lintas untuk pengendara diklaim kepolisian berjalan lancar.

"Alhamdulillah rekayasa lalu lintas mulai dari exit tol Cigombong sampai ruas alternatif di sepanjang Bogor-Sukabumi teratur. Ada kepadatan namun bisa diurai oleh anggota, karena kemarin selain penempatan di pos kami juga tempatkan anggota yang mobile ke titik kepadatan," kata Kasatlantas Polres Sukabumi, AKP Riki FM kepada detikcom, Jumat (3/1/2020).

Riki mengaku masih merinci jumlah masing-masing kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang masuk ke wilayahnya. Namun, diperkirakan kendaraan roda dua lebih mendominasi.
"Mayoritas masih roda dua, Alhamdulillah untuk jalur Cikidang yang masuk wilayah rawan mungkin karena ada penempatan anggota dan banyaknya rambu terpasang belum ada laporan kecelakaan yang menonjol," lanjut Riki.

Gelar Syukuran

Sebagai bentuk rasa syukur atas pelaksanaan pengaturan lalu lintas yang berjalan dengan baik Satlantas Polres Sukabumi menggelar syukuran dengan membagikan nasi bungkus di salah satu masjid di Kampung Cihurang, Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi.

Pembagian nasi bungkus dan aksi sosial lainnya itu merupakan bentuk terimakasih kepada warga dan pengendara yang menjaga ketertiban sepanjang masa liburan akhir tahun kemarin. Meskipun ramai, situasi arus lalu lintas terbilang lancar.

"Ini bentuk terimakasih kami kepada warga masyarakat yang menjaga keamanan dan ketertiban selama liburan akhir tahun. Ada beberapa warga juga yang tidak kenal lelah memandu jalan alternatif membantu anggota kami tanpa mengganggu kenyamanan pengguna jalan," kata Riki.
Menurut Riki, setiap Jumat pagi anggotanya memang rutin menyisihkan sedikit rejeki untuk dibagikan secara kolektif kepada masyarakat. Namun kali ini aksi sosial tersebut sedikit berbeda karena momennya sebagai bentuk ucapan terimakasih kepada warga masyarakat.

"Sebetulnya kegiatan rutin setiap hari Jumat, seluruh anggota ikhlas menyisihkan sebagian rezekinya untuk disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan. Dalam kegiatan kami juga menyampaikan imbauan tertib berlalu lintas di jalan raya kepada masyarakat," jelas Riki.


Tonton juga Preman di Tempat Wisata Digulung Polisi :

[Gambas:Video 20detik]

(sya/mso)