Warga Padalarang Masih Dihantaui Banjir Bandang Susulan

Yudha Maulana - detikNews
Jumat, 03 Jan 2020 14:35 WIB
Permukiman di Padalarang yang terdampak banjir bandang, beberapa waktu lalu. (Foto: Yudha Maulana/detikcom
Bandung Barat - Warga Kampung Lebaksari, Desa Mekarsari, Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, dihantui rasa takut terjadinya banjir bandang susulan. Hal itu mengingat intensitas hujan masih tinggi.

Ghoir (35), warga terdampak banjir, mengatakan ketinggian air mencapai 1,5 meter atau setinggi dada orang dewasa pada malam pergantian tahun baru 2020. Air meluber hingga masuk ke pemukiman warga.

"Jadi di depan itu ada gorong-gorong yang mengalirkan air, tapi tidak bisa menampung debit air dari atas, jadi meluber. Diameter gorong-gorongnya juga cuma 1 meter, belum lagi disumbat sama sampah," ujar Ghoir, Jumat (3/1/2020).


Ia meminta agar pemerintah segera membuat solusi permanen, seperti memperlebar saluran air agar tak tersumbat. "Kemarin sudah disampaikan ke pak wagub Jabar dan pak bupati Bandung Barat, mereka bilang nanti akan segera memperlebar saluran mumpung banyak alat berat, tapi kepastiannya kapan itu belum tahu," ucap Ghoir.

Sementara itu warga di Kompleks Cimareme Indah Blok D, RT 4 RW 3, Desa Margajaya, juga merasakan hal serupa. Kekhawatiran warga tersebut didasarkan pada musim penghujan yang bakal berlangsung hingga pertengahan tahun. Ditambah belum terbangunnya tanggul di sisi aliran Sungai Cihaur.


Ketua RT 4, Yayat Ruhiyat, mengatakan pihaknya minta perbaikan dan pembangunan tanggul atau dinding pembatas didahulukan. "Harusnya prioritas itu pembangunan tanggul dulu karena itu yang bakal menahan air kalau meluap lagi," ujar Yayat.

Sebagai penanggulangan sementara, warga bersama BPBD Kabupaten Bandung Barat membuat tanggul darurat dari karung berisi pasir yang ditumpuk di sepanjang bibir sungai. "Sementara ya ditahan dulu dengan karung pasir ini. Tapi tidak menjamin bisa menahan air kalau hujan deras dan airnya meluber lagi," tutur Yayat.



Tonton video Detik-detik Bupati Labura Nyaris Hanyut saat Tinjau Daerah Banjir:

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)