Ridwan Kamil Tetapkan Tanggap Darurat Bencana di 5 Wilayah

Mukhlis Dinillah - detikNews
Jumat, 03 Jan 2020 14:02 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Bandung - Gubernur Jabar Ridwan Kamil menetapkan status tanggap darurat bencana untuk lima wilayah. Status ini berlaku mulai kemarin hingga dua pekan ke depan.

"Kemarin saya sudah menandatangani surat penetapan tanggap darurat untuk lima wilayah," kata Kang Emil, sapaannya, kepada wartawan di kantor DP3AKB, Kota Bandung, Jumat (3/1/2020).


Ia menuturkan lima wilayah yang berstatus tanggap darurat bencana tersebut yakni Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Karawang.

"Sebenarnya ada lagi satu Indramayu yang ada kendala luput dari media," ucapnya.

Dia mengaku akan mengalokasikan dana bantuan sekitar Rp 5-6 miliar untuk wilayah terdampak bencana banjir dan longsor tersebut. Bantuan tersebut digunakan untuk pertolongan hingga perbaikan dampak bencana.

"Dengan adanya status tanggap darurat maka kita akan memberikan bantuan mungkin sekitar Rp 5 atau 6 miliar kepada daerah daerah tersebut untuk recovery dan pertolongan tanggap darurat," tutur Emil.


Menurutnya status tanggap darurat ini berlaku hingga dua pekan ke depan. Mengingat, berdasarkan prediksi BMKG, cuaca ekstrem masih akan terjadi hingga tanggal 10 mendatang.

"Biasanya dua minggu, karena cuaca ekstrem ini masih akan terjadi hingga 5-7 hari ke depan, kira-kira begitu," ujar Emil.



Tonton juga video Gaya Bos KAI Naik Getek Berkursi saat Tinjau Banjir Viral!:

[Gambas:Video 20detik]



(mud/bbn)