Puluhan Warga Tasikmalaya Keracunan Usai Santap Makanan Syukuran Rumah

Deden Rahadian - detikNews
Kamis, 02 Jan 2020 19:55 WIB
Foto: Istimewa
Tasikmalaya - Sebanyak 45 warga Desa Cihaur, Kecamatan Manonjaya, Tasikmalaya, mengalami keracunan sejak Rabu (1/1/2020). Sebagian korban masih menjalani perawatan medis di Puskesmas Manonjaya dan rumah sakit swasta di Kota Tasikmalaya hingga Kamis sore (02/01/20).

Korban rata rata merasakan mual, muntah, pusing hingga sering buang air besar. Gejala itu dirasakan setelah menyantap makanan dalam acara syukuran rumah seorang warga saat malam tahun baru.

"Korban 45 orang yah yang tercatat di kami, tapi sebagian pulang sebagian dirawat di puskesmas Manonjaya. Ini penyebbnya masih dicari tahu," ujar AKP Hamzah, Kapolsek Manonjaya.

Makanan yang mereka santap antara lain nasi, mie, lauk lauk dan makanan ringan. Sample makanan sudah diamankan untuk pemeriksaan laboratorium.

"Masih dalam proses yah penyebab keracunan dari apa," tambah Hamzah.

Sementara itu, Tokoh pemuda Yayat Yatnika mengaku gejala yang dialami warga sempat terjadi dua pekan yang lalu. Selain mungkin faktor makanan, pancaroba cuaca juga bisa sebabkan gelaja diare ini.

"Dari dua minggu ke belakang, sebelum ada banyak yang sakit, memang sudah ada yang sakit seperti itu, tapi sejak dua hari ini makin bertambah, warga muntah muntah, berak dan pusing," ungkap Yayat Yatnika, tokoh pemuda Cihaur, Kamis (02/01/20).

Dari 45 orang korban tersebut, sebagian besar pulang sementara satu orang dirujuk ke rumah sakit swasta. (ern/ern)