Tahun Ini 9 Bus Rapid Transit Akan Beroperasi di Cirebon

Sudirman Wamad - detikNews
Kamis, 02 Jan 2020 19:40 WIB
Foto: Istimewa
Cirebon - Pemerintah Kota Cirebon akan mengoperasikan angkutan massal Bus Rapid Transit tahun ini. Sebanyak sembilan BRT siap mengangkut penumpang.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon Yoyon Indrayana mengatakan pengoperasian BRT dilakukan PD Pembangunan Kota Cirebon. Pihaknya hanya membuat regulasi tentang trayek dan tarif BRT.

"Ada sembilan unit, ini (BRT) dari kementerian. Nanti nunggu MoU antara PD Pembangunan dengan mitra kerjanya," kata Yoyon kepada detikcom, Kamis (2/1/2020).

Lebih lanjut, Yoyon mengatakan pihaknya akan menyiapkan sejumlah shelter bus. Rencananya ada dua trayek yang akan dioperasikan.
Tahun Ini 9 Bus Rapid Transit Akan Beroperasi di Cirebon Foto: Istimewa

Trayek pertama dimulai pertigaan Kalijaga menuju Bypass Brigjend Darsono Kedawung, kemudian menuju Jalan Pilang Raya, bunderan Krukuk dan Pegambiran. Sementara itu, untuk trayek kedua dimulai dari wilayah Argasunya hingga kawasan kota tua.

"Tarif Rp 5 ribu hingga Rp 7.500. Sementara pakai karcis. Nanti ke depan pengembangan, sekarang belum bisa teringrasi seperti Transjakarta," kata Yoyon.

Yoyon menambahkan BRT bisa menjadi salah satu jawaban untuk angkutan massal di Kota Cirebon. BRT juga bisa menggugah kesadaran masyarakat untuk menggunakan angkutan massal. (ern/ern)


Debat Capres AS