Komunitas Nonoman Galuh Ajak Pemuda Ciamis Bikin Film Dokumenter

Dadang Hermansyah - detikNews
Kamis, 02 Jan 2020 13:36 WIB
Kegiatan nonton film ini juga berkaitan dengan kondisi bangsa Indonesia saat ini banyak diterpa isu-isu ujaran kebencian. (Foto: dok.Nonoman Galuh)
Ciamis - Komunitas atau Pangauban Kawargian Nonoman Galuh memberikan wadah bagi para pemuda kreatif di bidang film dengan menggelar nonton bareng film dokumenter. Acara positif ini berangsung di ruang audio visual atau bioskop 3D yang milik Perpustakaan Daerah Ciamis.

Film tersebut menyoroti toleransi serta keragaman umat beragama masyarakat Kampung Susuru, Desa Kertajaya, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis. Di kampung itu hidup berdampingan tiga pemeluk agama yaitu Islam, Kristen, dan Sunda Wiwitan (penghayat kepercayaan).


Ketua Nonoman Galuh Tendi menuturkan kegiatan ini sebagai ruang atau wadah apresiasi bagi para pemuda dan pelajar Ciamis yang kreatif. Sebuah karya film dokumenter hasil dari SMKN 1 Rancah tersebut sudah juara tingkat jabar.

"Mudah-mudahan dengan membuka ruang nonton film ini bisa memotivasi bagi sekolah lain untuk berkarya di bidang perfilman," ujar Tendi, Kamis (2/1/2020).

Komunitas Nonoman Galuh Ajak Pemuda Ciamis Bikin Film DokumenterDiskusi soal film. (Foto: dok.Nonoman Galuh)
Meski kegiatan ini yang pertama kali, antusiasme para pemuda Ciamis cukup tinggi. Selama tiga hari pemutaran film, sedikitnya 150 orang turut hadir mengikuti kegiatan.

"Ini membuat kami semangat untuk mengadakan kembali dengan film-film dokumenter yang lainnya," ucapnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2