Dua Flyover di Kota Bandung Dibangun Mulai 2020

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 01 Jan 2020 13:16 WIB
Wali Kota Bandung Oded M Danial (Foto: dok.detikcom)
Bandung - Pemkot Bandung bakal membangun sejumlah infrastruktur pada 2020. Flyover baru disiapkan di dua lokasi Kota Bandung.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan saat ini pembangunan yang tengah dilakukan ialah mengerjakan proyek flyover Jalan Jakarta. Proyek ini sudah dikerjakan di akhir tahun 2019.

"Dari pembangunan, dari sisi infrastruktur kita punya pekerjaan yang belum selesai yaitu Jalan Jakarta, flyover," ucap Oded di Bandung, Rabu (1/1/2020).


Selain kelanjutan proses pembangunan flyover di Jalan Jakarta, Oded mengatakan pihaknya juga sudah memikirkan terkait pembangunan flyover di Kopo. Menurut Oded, awal pembangunan flyover itu seharusnya dilakukan tahun 2019, namun dia berharap agar di tahun 2020 bisa dimulai.

"Setelah itu saya berusaha di Kopo. Kemarin sudah koordinasi dengan Pemprov (Jabar) dari pembebasan tanahnya, mudah-mudahan, tahun ini seharusnya sudah selesai dan saya berusaha ke Kemen PU karena pembangunan fisik dari PU, mudah-mudahan Kopo selesai," tutur Oded.

Oded menambahkan Pemkot Bandung juga mendapatkan hibah dari pemerintahan Korea. Menurut Oded, pemerintah Korea akan memberikan hibah berupa flyover yang akan dibangun di kawasan Jalan Pajajaran.

"Setelah itu kami punya hibah dari Korea, ini memberikan arahan kepada PU dilaksanakan di Pajajaran (IP) atau ada dua alternatif sedang dikaji satu lagi di Panggungan ini flyover hibah dari Korea," kata Oded.


Selain infrastruktur jalan, Oded mengungkapkan, Pemkot Bandung juga fokus menangani permasalahan banjir. Kolam retensi diwacanakan akan dibangun di sekitar Arjuna, Cicendo.

"Kemudian untuk banjir juga kami membangun dua rencana. Insya Allah di Arjuna akan dibuat, yang kemarin di Gedebage juga dilanjut," katanya. (dir/bbn)