Malam Tahun Baru, Pemuda di Ciamis Gelar Pengajian dan Tahajud Bareng

Dadang Hermansyah - detikNews
Selasa, 31 Des 2019 21:12 WIB
Foto: Dadang Hermansyah
Ciamis - Momentum malam akhir tahun identik dengan hura-hura turun ke jalan konvoi dan pesta kembang api. Namun remaja dan pemuda yang tergabung dalam Forum Lintas Komunitas Ciamis (FLKC) bersama DMI dan DKM Masjid Agung Ciamis menggelar Kajian Akhir Tahun di Masjid Agung Jalan Jendral Sudirman, Selasa (31/12/2019).

Kegiatan ini dihadiri oleh pelajar, mahasiswa, komunitas Bikers Subuhan, juga dihadiri Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra, beserta jajaran pejabat Pemda Ciamis dan para PNS.

Tema dari kegiatan ini 'Spirit generasi milenial dalam menjunjung nilai-nilai Islam yang harmonis, dinamis dan humanis'.

Usai salat Isya berjamaah dilanjut dengan kajian. Mereka akan bermalam di masjid, salat tahajud dan muhasabah bersama. Selanjutnya salat Subuh dilanjut ceramah.

Ketua pelaksana Syarief Nurhidayat mengatakan dengan pengajian akhir tahun ini sebagai ajang silaturahim antar para pemuda dan masyarakat kabupaten Ciamis, sekaligus menciptakan Ciamis kondusif.

"Selain itu sebagai syiar Islam mengenai wawasan tentang akhir zaman, yang mana masih sangat terbatas, dan perlu disampaikan kepada para pemuda dan masyarakat luas," ujar Syarief.

Ketua DKM Masjid Agung Ciamis Wawan S Arifin mengatakan dengan pengajian ini, memasuki tahun baru 2020 menjadi lebih baik. Kegiatan ini terinspirasi dari imbauan Bupati Ciamis untuk melaksanakan pengajian dan doa bersama.

"Kami juga mengajak masjid besar di Kecamatan untuk melaksanakan kegiatan pengajian yang sama di malam tahun baru ini," ucap Wawan.

Sementara itu Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengapreasi kegiatan pengajian di malam akhir tahun.

"Dengan tahun baru 2020, kita saling evaluasi dan introspeksi, semoga hari ini lebih baik dari hari kemarin. Selalu berbuat positif untuk kebaikan," ucap Herdiat.

Herdiat menegaskan tidak melarang merayakan tahun baru masehi. Namun hanya mengingatkan untuk tidak berlebihan dan mengganggu ketertiban, membahayakan keselamatan diri dan orang lain.

"Kita rayakan tahun baru dengan memperbanyak doa bersama, saling kasih sayang dan tolong menolong. Memiliki semangat juang tinggi untuk mengubah kehidupan kita untuk lebih maju," pungkas Herdiat. (ern/ern)