Round-up

Manusia Gorong-gorong Tamparan Bagi Warga Bandung

Mukhlis Dinillah - detikNews
Selasa, 31 Des 2019 08:48 WIB
Foto: Mukhlis Dinillah
Bandung - Sosok Uha (42) mendadak menjadi buah bibir. Aksi warga Jalan H. Syahroni Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung yang nyemplung ke gorong-gorong meluap itu, viral di media sosial. Wali Kota Bandung Oded M Danial langsung mendatanginya.

Video Uha masuk gorong-gotong pada Kamis (26/12) jadi perbincangan hangat di medsos beberapa hari terakhir. Uha banjir pujian karena dinilai berkontribusi terhadap lingkungan sekitar terutama dalam mencegah banjir akibat gorong-gotong meluap.

Uha mengatakan aksi menyelami gorong-gorong sudah dilakoninya sejak tahun 2015 bersama rekannnya Oho. Pria yang berprofesi sebagai Linmas atau hansip ini mengaku melakukan aksinya secara sukarela.

"Saya sudah 5 tahunan ikut bersih gorong-gorong mah," kata Uha kepada wartawan, Senin (30/12/2019).

Dia menyebut sudah terbiasa menyelami gorong-gorong. Bahkan tak butuh lama baginya untuk menemukan titik penyumbatan sampah saat gorong-gorong meluap.

Saya sudah tahu titiknya, jadi pas nyelam langsung ketemu (sampahnya). Saya gak takut atau jijik. Anggap aja kalau pas nyelam masuk ke mulut (airnya) rasa stoberi," ungkap dia.

Ia mengaku tak menyangka aksinya itu bakal viral di medsos. Meski begitu, ia bersyukur banyak orang yang mengapresiasi aksinya tersebut termasuk Wali Kota Bandung Oded M Danial.

"Saya enggak nyangka bakal viral. Tapi saya bukannya malu tapi bangga banyak yang apresiasi," kata Uha.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengapresiasi aksi warganya tersebut. Ia bangga dan terharu dengan tindakan Uha.

"Hari ini saya menemukan sosok warga yang luar biasa. Dia mau berkorban untuk lingkungannya. Ini merupakan sebuah kebahagiaan buat Mang Oded," kata Oded seraya meneteskan air mata.

Diakuinya adanya aksi dari warga ini menjadi pelajaran berharga bagi pemerintah terutama dalam merespons cepat persoalan di lapangan. Ia meminta ASN di Kota Bandung lebih peka.

"Sisi lain ini jadi cambukan dan pelajaran buat kami dan ASN Kota Bandung," tegas Oded.

Aksi Uha ini seharusnya membuat kita semua malu. Tak perlu menyelam gorong-gorong seperti Uha, cukup tidak membuang sampah sembarangan, sudah mengurangi dampak kerusakan lingkungan di sekitar kita. Uha pun tak perlu menyelam got bau untuk mengambil sampah.



Cerita Kang Uha Masuk Gorong-gorong yang Tersumbat Sampah:

(mud/ern)