Bupati Supendi Minta Dana Rp 100 Juta ke Pengusaha Sebelum Di-OTT KPK

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 30 Des 2019 21:57 WIB
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Bandung - Bupati Indramayu nonaktif Supendi ternyata meminta dana segar kepada pengusaha Carsa ES sebelum kena operasi tangkap tangan (OTT) KPK. Hal tersebut terungkap dalam persidangan atas terdakwa Carsa.

Dalam kasus ini, KPK sudah menetapkan Supendi dan dua anak buahnya, Omarsyah selaku Kadis PUPR, dan Wempi Triyoso selaku Kabid Jalan Dinas PUPR sebagai tersangka. KPK juga menetapkan Carsa, selaku penyuap sebagai tersangka.


Carsa kena OTT KPK pada 14 Oktober 2019 malam. Pagi harinya, Carsa masih berhubungan dengan Supendi. Saat itu, Supendi menelepon Carsa melalui ponsel ajudannya, Haidar Samsayail.

"Inti dari pembicaraan telepon tersebut adalah Supendi meminta terdakwa untuk menemui Supendi di Pendopo rumah dinas bupati Indramayu jam empat sore," kata jaksa KPK Budi Nugraha saat membacakan surat dakwaan untuk Carsa di Pengadilan Tipikor Bandung, Senin (30/12/2019).

Setelah ponsel ditutup, sambung jaksa, Supendi menggunakan ponsel ajudan mengirimkan pesan singkat ke ponsel Carsa. Pesan itu berisi 'Pak siapkan dana karo zeni 115 juta ana beli jam 4'.
Selanjutnya
Halaman
1 2