Reaksi Pak Uha Manusia Gorong-gorong Nyelem Got: Rasa Stroberi

Mukhlis Dinillah - detikNews
Senin, 30 Des 2019 12:40 WIB
Foto: (Mukhlis Dinillah/detikcom) Pak Uha si 'Manusia Gorong-gorong' asal Kota Bandung.
Bandung - Uha (42) sejak lima tahun terakhir beraksi sebagai manusia gorong-gotong di wilayahnya. Ia mengaku tidak merasa takut dan jijik ketika menyelami gorong-gorong yang meluap akibat tersumbat sampah.

Kepeduliannya terhadap lingkungan membuatnya secara sukarela masuk gorong-gorong. Pria yang berprofesi sebagai Linmas ini melakukan aksinya ketika warga sekitar memintanya terutama saat gorong-gorong tersumbat.

Dalam video aksinya yang viral di media sosial, saat itu kondisi air gorong-gorong keruh dan berbusa.

"Saya gak takut atau jijik. Anggap aja kalau pas nyelam masuk ke mulut (airnya) rasa stroberi," kata Uha kepada wartawan, Senin (30/12/2019).


Dalam melakukan aksinya, Uha kerap dibantu rekannya Oho. Uha berperan sebagai penyelam mencari lokasi penyumbatan dalam gorong-gorong, sementara Oho yang memegang tangga sebagai pijakannya ke atas lubang.

"Jadi memang seringnya berdua kalau bersihin gorong-gorong dengan Oho," ungkap dia.

Dia menyebut Jalan H.Syahroni, RW01/RT02, Kelurahan Cikutra, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung kerap digenangi air kalau terjadi penyumbatan di gorong-gorong. Ia memutuskan tak mengandalkan pemerintah.

"Ya gak nunggu (pemerintah) ada yang bersihin dulu, yaudah turun aja sendiri," ujar dia.


Ia mengaku tak menyangka aksinya itu akan viral di media sosial. Meski begitu, ia bersyukur banyak orang yang mengapresiasi aksinya tersebut.

"Saya gak nyangka bakal viral. Tapi saya bukannya malu tapi bangga banyak yang apresiasi," kata Uha. (mud/mso)