4 Wisata Alam Puncak di Ciamis yang Asyik untuk Liburan Tahun Baru

Dadang Hermansyah - detikNews
Senin, 30 Des 2019 10:50 WIB
(Foto: Istimewa) Empat Rekomendasi wisata puncak untuk libur tahun baru di Ciamis.

Mendaki ke Puncak Tugu di Ciamis

Bagi traveler yang ingin berwisata ke Ciamis, tidak ada salahnya mencoba mendaki wisata Puncak Tugu Gunung Sawal. Bisa kemping sambil melihat panorama indah.

Gunung Tugu berada di Desa Gunungsari, Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Di lokasi puncak terdapat bumi perkemahan yang belum di buka secara resmi oleh pemerintah setempat. Hanya sebatas dikelola oleh Karang taruna.

Waktu yang dibutuhkan untuk mendaki Tugu Gunung Sawal sekitar 40 menit. Pendaki bisa menyimpan kendaraan di sekitar pos keberangkatan, atau sewa angkutan kota jurusan Sadananya. Jarak dari pusat kota ke pos pendakian sekitar 15 kilometer.

Rute yang dilalu saat mendaki cukup mudah, lantaran sudah terdapat jalur permanen dan beberapa pos untuk istirahat. Pendaki juga wajib mendaftar di pos ke keberangkatan dan membayar tiket masuk Rp 3 ribu per orang. Itu untuk perawaran rute pendakian.

4 Wisata Alam Puncak di Ciamis yang Asyik Untuk Liburan Akhir Tahun(Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)

Pada malam harinya, pemandangan juga masih indah. Wisatawan bisa melihat ribuan cahaya lampu permukiman dari atas. Sehingga mirip hamparan cahaya bintang. Di atas tugu Gunung Sawal juga terdapat petilasan Kiyai Zainal Mustofa, sebagai salah satu tokoh islam.

Namun berbeda dari lokasi puncak yang ada di Ciamis, Tugu ini masih perawan atau belum dikelola maksimal. Sehingga wisatawan betul-betul bisa merasakan sensasi hidup di alam bebas. Jadi bagi wisatawan silahkan datang ke Ciamis menikmati berbagai wisata alam yang indah.
Halaman

(mso/mso)