4 Wisata Alam Puncak di Ciamis yang Asyik untuk Liburan Tahun Baru

Dadang Hermansyah - detikNews
Senin, 30 Des 2019 10:50 WIB
(Foto: Istimewa) Empat Rekomendasi wisata puncak untuk libur tahun baru di Ciamis.

Puncak Jamiaki yang Trend Untuk Kemping

Kamu yang suka camping datang saja ke Ciamis. Di sana ada namanya Puncak Jamiaki, puncak dengan pemandangan Ciamis dan Tasik yang indah. Tempat yang sangat direkomendasikan untuk menghabiskan malam tahun baru di pegunungan.

Bagi traveler pecinta kemping, yang kebetulan berada di Ciamis, Jawa Barat, coba berkemah di tempat asyik wisata alam Puncak Jamiaki. Daya tariknya selain menyuguhkan panorama alam di siang hari, malam hari bisa melihat hamparan cahaya lampu kota.

Puncak Jamiaki terletak di Desa Medanglayang, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Lokasinya tak jauh dari Puncak Puspa. Berapa bulan terakhir, salah satu lokasi di kawasan Gunung Sawal ini selalu ramai dikunjungi masyarakat terutama pecinta alam dan pendaki gunung. Bahkan ramai diperbincangkan di media sosial Instagram dan facebook.

4 Wisata Alam Puncak di Ciamis yang Asyik Untuk Liburan Akhir Tahun(Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)

Untuk mencapai puncak Jamiaki, pengunjung harus menempuh jalur pendakian sekitar 1,5 km dengan kondisi jalan menanjak. Puncak Jamiaki berada di ketinggian sekitar 1020 Mdpl. Meski harus mendaki terlebih dulu, namun terbayar dengan keindahan alam yang disuguhkan.

Pengunjung tak usah khawatir dengan keperluan selama di puncak, karena sudah dipersiapkan pengelola. Mulai dari sumber air, fasilitas MCK, pedagang makanan, tour guide dan lainnya tersedia.

"Melakukan pendaftaran di pos pemantauan, langsung mendaki, jalan langsung menanjak. Cukup menantang. Tapi sampai di atas langsung rasa lelah hilang, setelah dihadapkan dengan pemandangan indah," ujar Isal, salah seorang pengunjung asal Indihiang, Tasikmalaya kepada detikcom.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4