Libur Nataru, Penumpang KA Cianjur-Sukabumi Meningkat

Ismet Slamet - detikNews
Sabtu, 28 Des 2019 19:49 WIB
(Foto: Ismet Slamet) Pengguna KA Siliwangi meningkat di libur tahun baru
Cianjur - Pengguna Kereta Api (KA) Siliwangi mengalami peningkatan selama libur Natal dan tahun baru. Tidak hanya untuk mengunjungi destinasi wisata, penumpang juga banyak yang sekedar bernostalgia menikmati rute Cianjur-Sukabumi

Kepala Stasiun Cianjur, Dede Sulaeman mengatakan, peningkatan jumlah penumpang KA Siliwangi mencapai 40 persen. Bahkan dalam sepekan terakhir tercatat sudah ada 8.599 orang penumpang.

"Sejak satu minggu terkahir, penumpang KA Siliwangi sudah mulai mengalami kenaikan dari biasanya, jumlah penumpang pada sebelumnya hanya mencapai 500 hingga 800 orang. Tapi sekarang lebih dari 1.000 orang pertama hari," ujar dia, Sabtu (28/12/2019).

Rata-rata penumpang didominasi anak sekolah dan keluarga dan bertujuan ke tempat wisata. Seperti penumpang dari Cianjur menuju Sukabumi berhenti di Stasiun Lampengan dan akan berlibur di Situs Megalitikum Gunung Padang.

Sedangkan, penumpang dari Sukabumi-Cianjur mereka akan mengunjungi Alun-alun Kabupaten Cianjur, dan beberapa tempat wisata lainnya di Cianjur.

"Namun penumpang yang dari Ciranjang dan menuju Ciranjang itu masih didominasi oleh sejumlah pekerja asal Cianjur," katanya.

Pihaknya menambahkan, memasuki musim libur akhir tahun saat ini, PT. KAI mendirikan pos kesehatan sejumlah stasiun pemberhentian. Setiap pos itu diagakan satu orang petugas kesehatan.

Selain digunakan sebagai moda transportasi menuju destinasi wisata, sejumlah penumpang naik KA Siliwangi untuk bernostalgia.

Diungkapkan Masruroh (43), dirinya sudah lama tidak menikmati pemandangan sepanjang jalur kereta rute Cianjur-Sukabumi. Apalagi tarif kereta saat ini sangat terjangkau, hanya Rp 3.000 untuk sekali pemberangkatan.

"Kereta rute Cianjur-Sukabumi kan sempat tidak ada, makanya mumpung libur dan pulang ke Cianjur saya memilih berlibur naik kereta sekedar menikmati pemandangan. Nostalgia ketika masih muda, naik kereta. Apalagi kangen ketika melintas terowongan Lampegan," ungkapnya.


Tonton juga Lokomotif Seruduk Gerbong Kereta: AC Jatuh, 8 Penumpang Terluka :

[Gambas:Video 20detik]

(mud/mud)