Menengok Sel Sang Proklamator di Lapas Sukamiskin

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Sabtu, 28 Des 2019 16:05 WIB
(Foto: Dony Indra Ramadhan) Menengok Sel Sang Proklamator di Lapas Sukamiskin

Ke sebelah kanan atau area sudut, ada sebuah wastafel kecil. Ini satu-satunya sumber air di kamar Bung Karno. Tak seperti kamar sekarang di Sukamiskin, kamar milik Soekarno tak memiliki kamar mandi. Sementara di depan wastafel, berdiri bendera merah putih yang dipasang pada tongkat kayu.

Di samping kanannya bendera, ada meja lagi. Meja ini disebut-sebut sebagai meja belajar atau menulis Bung Karno. Di atas meja itu, terdapat deretan buku-buku tua.

Di kamar Bung Karno sendiri dihiasi aneka foto-foto dan cerita sejarah sang proklamator. Foto memperlihatkan saat Soekarno tengah berpidato.

"Posisinya tidak pernah berubah dari dahulu. Barang-barangnya juga seperti itu. Kalau sprei atau kasur kita cuci," ucap Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Jabar Abdul Aris belum lama ini.

Kalapas Sukamiskin Abdul Karim menambahkan kamar bekas Soekarno itu selalu dirawat. Bahkan, dia menyebut ada satu tahanan pendamping (tamping) yang khusus merawat kamar bekas sang proklamator itu.

"Biasanya ada bagian yang merapikan. Tiap hari ada tamping yang membersihkan. Mereka bergantian. Kan di tiap blok ada tamping, nah khusus tamping di timur, itulah yang bertugas membersihkan setiap hari," kata Karim.

Lapas Sukamiskin sendiri saat ini sedang tahap renovasi. Menurut Karim, perbaikan juga akan berlaku bagi kamar Soekarno. Perbaikan ini, termasuk proses perawatan terhadap kamar yang bersejarah tersebut.

"Itu sekalian kita perbaiki. Nanti dicar lagi. Kemudian barang-barangnya mungkin seperti sprei apakah perlu diganti," katanya.
Halaman

(dir/mud)