Menengok Sel Sang Proklamator di Lapas Sukamiskin

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Sabtu, 28 Des 2019 16:05 WIB
(Foto: Dony Indra Ramadhan) Menengok Sel Sang Proklamator di Lapas Sukamiskin
Bandung - Sebuah kamar berukuran kecil berdiri kokoh di ujung lorong Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin. Siapa sangka, kamar berupa sel penjara itu memiliki cerita kuat dalam sejarah Indonesia.

Ya, kamar berukuran sekitar 3,2x2,5 meter persegi itu pernah dihuni Presiden RI yang pertama Soekarno. Sang proklamator dibui pemerintah Hindia Belanda karena pergerakannya bersama Partai Nasionalis Indonesia (PNI). Soekarno dijatuhi vonis 4 tahun oleh Landraad Bandung.

Sejak 9 Desember 1930, Soekarno menghabiskan hari-harinya di Lapas Sukamiskin yang dulu bernama 'Penjara Soeka Miskin' itu. Di sana berbagai buku diciptakan Soekarno dari mulai 'Di Bawah Bendera Revolusi', 'Keadaan Dipendjara Sukamiskin, Bandung' yang menceritakan keseharian Bung Karno, sapaannya, selama di penjara serta cerita rambutnya digunduli, hingga yang paling tenar berjudul 'Indonesia Menggugat'.

Lapas Sukamiskin sendiri didirikan pada tahun 1918 oleh arsitek asal Belanda, C.P. Wolff Schoemaker. Penjara itu didirikan bagi orang-orang intelektual termasuk Soekarno.

(Foto: Dony Indra Ramadhan) penampakan meja yang ada di sel Bung Karno

Soekarno sendiri bebas dari Lapas Sukamiskin pada 31 Desember 1931. Dia dibebaskan setelah menjalani setengah masa penahanannya.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4