Jelang Libur Tahun Baru, Jalur Bogor-Sukabumi Mulai Padat

Syahdan Alamsyah - detikNews
Sabtu, 28 Des 2019 14:13 WIB
(Foto: Syahdan Alamsyah) Jalur Bogor-Sukabumi Terpantau Mulai Padat
Sukabumi - Antrean kendaraan mulai terlihat di ruas jalan Bogor menuju Sukabumi tepatnya di depan Pasar semi modern, Cicurug. Mayoritas kendaraan berasal dari Jakarta dan Bogor, sementara jalur sebaliknya lengang.

Truk angkutan barang sesekali masih terlihat melintas dan memadatkan arus lalu lintas mulai di kawasan Benda menuju simpang alternatif Tenjoayu. Arus padat merayap karena tertahan keluar masuk kendaraan dari arah alternatif Tenjoayu-Parungkuda.

Selepas simpang Tenjoayu menuju Pasar Cicurug kembali terlihat titik kepadatan terjadi sejak di Cibeber hingga depan pasar Cicurug, sementara arus menuju arah sebaliknya ramai lancar.

"Setelah keluar tol Bocimi lancar namun masuk ke daerah Benda sebelum simpang alternatif Tenjoayu mulai tertahan oleh antrean meskipun tidak terlalu panjang," kata Rahmat (45) warga Jakarta kepada detikcom, Sabtu (28/12/2019).


Rahmat mengaku akan menuju Palabuhanratu, kepada detikcom ia memperlihatkan aplikasi pemesanan hotel di gawai miliknya. "Rencana nginap malam ini sampai nanti tahun baru, bawa keluarga komplit," ungkapnya.

Rahmat mengaku sejak keluar pintu tol Bogor Sukabumi di daerah Benda beberapa petugas kepolisian sempat memperingatkan untuk mengambil jalur alternatif namun ia tetap memilih jalur utama.

"Beberapa anggota polisi memang meminta saya masuk ke jalur alternatif, tapi niatnya memang ingin memperlambat karena perkiraan sampai jam 1 ke Palabuhanratu langsung check in hotel. Eh taunya malah begini masih banyak kendaraan besar masuk jalur yang sama," ungkapnya.

Kasatlantas Polres Sukabumi, Iptu Riki FM mengimbau pengendara untuk mengikuti arahan petugas di lokasi. Titik-titik rawan macet memang sudah diprediksi, polisi juga menggelar rekayasa menjelang lintasan yang beresiko padat tersebut.

"Ada informasi kelancaran arus melalui radio komunikasi, petugas kami menginformasikan lagi ke pengendara kalau memang jalur padat. Dialihkan ke titik-titik alternatif yang relatif lebih lengang, tiap ada kepadatan pasti di tarik ke jalur alternatif memang seperti itu," jelasnya.



Tonton juga video Libur Akhir Tahun, Gerbang Tol Cikatama Padat:

[Gambas:Video 20detik]

(sya/mud)