Dipindah ke Lapas Cipinang, Setya Novanto Dirawat di RSPAD karena Demam

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 27 Des 2019 14:53 WIB
Foto: Istimewa
Bandung - Mantan Ketua DPR RI Setya Novanto dipindah ke Lapas Cipinang sejak Kamis (26/12/2019). Terpidana kasus korupsi e-KTP itu dirawat di RSPAD berdasarkan rujukan dokter lapas dan RSHS Bandung.

"Rujukannya dari dokter lapas ke RSHS Bandung. Lalu dari RSHS Bandung dirujuk ke Jakarta (RSPAD). Rujukannya dari dokter spesialis syaraf pada 27 November 2019," ucap Kalapas Sukamiskin Abdul Karim kepada detikcom via pesan singkat, Jumat (27/12/2019).

Dari rujukan tersebut, pihak Lapas Sukamiskin menggelar sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP). Dari sidang tersebut, Novanto disetujui untuk dirujuk ke RSPAD.

Novanto pun keluar Lapas Sukamiskin pada Kamis (26/12/2019) pukul 05.00 WIB. Dari foto yang diterima detikcom, Novanto terlihat menggunakan kursi roda.

Novanto lalu diberangkatkan menuju Lapas Cipinang menggunakan mobil ambulans lengkap dengan pengawalan dari petugas lapas dan kepolisian. Novanto dipindahkan ke Lapas Cipinang selama menjalani perawatan.

Tiba di Cipinang, Novanto lalu dibawa ke RSPAD untuk menjalani perawatan medis. Selama menjalani perawatan, Novanto berada dalam pengawasan petugas LP Cipinang.

"Setiap warga binaan yang melewati antar provinsi prsedurnya di titip di lapas setempat. Karena rujukan berobatnya ke RSPAD Jakarta, maka yang bersangkutan dititip di LP 1 Cipinang," tutur Karim.

Bintik merah di punggung Setya NovantoBintik merah di punggung Setya Novanto Foto: Istimewa


Novanto mengeluhkan demam. Selain itu, ada bintik merah di punggung Novanto. Karim pun memberikan foto bintik merah yang dialami Novanto.

Karim belum mengetahui sampai kapan Novanto berada di RSPAD. Menurut dia, hal itu tergantung dari hasil pemeriksaan medis dokter. "(Waktunya) tergantung dokter RSPAD," kata Karim. (dir/ern)