Usai Salat Gerhana, Ormas Islam di Sukabumi Gelar Aksi Solidaritas Uighur

Syahdan Alamsyah - detikNews
Kamis, 26 Des 2019 14:56 WIB
Foto: Syahdan Alamsyah
Sukabumi - Usai melaksanakan salat gerhana, massa dari berbagai ormas Islam di Sukabumi menggelar aksi solidaritas etnis muslim Uighur di depan kantor Pemerintah Kota Sukabumi, Kamis (26/12/2019).

Pantauan detikcom, selain FPI terlihat juga massa Ormas dari Garis, Sapu Jagat, Gempa, BMP dan sejumlah massa dari ormas Islam lainnya. Mereka datang membawa berbagai poster dan spanduk berisi kecaman terhadap pemerintah yang dianggap mendiamkan peristiwa yang terjadi di Xinjiang, China itu.

Usai berkumpul, massa kemudian menutup ruas jalan tepat di depan kantor Pemkot Sukabumi. Secara bergantian mereka melakukan orasi. Aparat kepolisian terlihat berjaga di depan gerbang masuk menuju kantor Pemkot Sukabumi dan sekitar lokasi aksi.

"Ini bencana kemanusiaan, Ya Allah katanya Lakum dinukum waliyadin, tapi kenapa selalu saja saudara-saudara kita selalu umat Islam yang dipepet terus bahkan sampai dibunuh. Saya tanya ke seluruh umat muslim di sini kalau terus menerus seperti ini apakah kita mau diam saja? Kita bangkit, siap kita bangkit kita siap melawan sampai mati," ujar orator dari FPI, Ustaz Usep dari atas kendaraan orasi.

Usep juga mengecam pemerintah yang dianggap diam dengan tragedi kemanusiaan terjadi di Xinjiang. "Terus terang saja, semua sudah pada tahu ketika umat muslim semua adalah saudara. Yang di Xinjiang sana muslim bukan yang dibantai? Kenapa pemerintah diam?" teriak Usep disambut takbir massa.

Terlihat Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi hadir di tengah-tengah massa. Selain itu terlihat juga eks presiden ISIS Indonesia Cecep alias Chep Hernawan yang juga merupakan Ketua Umum DPP Gerakan Reformasi Islam (Garis).

"Siap berjihad? Siap berjihad? Saya pernah mengirimkan ratusan orang ke Suriah untuk berjihad, walaupun akhirnya saya dipenjara selama 1 tahun," kata Chep Hernawan saat orasi.


Simak Video "Pemerintah Pastikan Tak Ikut Campur Masalah Muslim Uighur"

[Gambas:Video 20detik]

(sya/ern)