Gerhana Matahari Cincin Hanya Terlihat Beberapa Detik di Lembang

Yudha Maulana - detikNews
Kamis, 26 Des 2019 13:58 WIB
(Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung Barat - Gerhana Matahari Cincin (GMC) tampak di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Namun sayang fenomena alam langka tersebut tidak bisa teramati maksimal karena terhalang awan tebal.

Sejumlah daerah menggelar pengamatan gerhana matahari cincin. Pengamatan salah satunya dilakukan di Lapangan Sinapeul, Desa Gudang Cikahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.


"Jadi puncak gerhana itu pukul 12.38 WIB, memang ada awan tebal yang menutupi matahari. Sempat kelihatan beberapa puluh detik, saat bulan menutupi 69 persen matahari," kata Tim Peneliti Observatorium Bosscha Agus Triono PJ di lokasi pengamatan, Kamis (26/12/2019)

Pantauan detikcom, matahari terlihat berbentuk sabit beberapa menit sebelum puncak GMC terjadi. Durasi puncak gerhana kurang lebih tiga menit. "Memang sangat singkat sekali," katanya.

Kendati pengamatan tak bisa dilakukan secara maksimal, warga tetap antusias mengamati fenomena langit langka tersebut. Pengamatan dihentikan sementara, lantaran hujan yang mengguyur Lembang.


Terlihat sejumlah petugas memindahkan alat-alat pengamatan dari Lapangan Sinapeul.

"Kalau di Tim Bosscha di Tanjungpinang bisa mengamati gerhana, karena di sana cuacanya cerah dan bagus sekali," katanya.

Fenomena langit selanjutnya, ujar Agus, akan terjadi di Papua dan sebagian wilayah Timor Leste. Fenomena itu berupa gerhana matahari. (mso/mso)