ADVERTISEMENT

Sambut Libur Nataru, Cagar Alam Pananjung Pangandaran Bersolek

Faizal Amiruddin - detikNews
Selasa, 24 Des 2019 18:37 WIB
Sejumlah orang tengah memasang papan nama di area Cagar Alam Pananjung Pangandaran. (Foto: Faizal Amiruddin/detikcom)
Pangandaran - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Kabupaten Pangandaran mulai berbenah menjelang puncak gelombang wisatawan liburan natal 2019 dan tahun baru 2020. Pengelola kawasan taman wisata cagar alam Pananjung Pangandaran itu memperbaiki beberapa fasilitas umum.

"Beberapa fasilitas umum yang kita perbaiki diantaranya tempat swafoto yang rusak akibat tertimpa ranting pohon, pos pintu masuk dan fasilitas lainnya," kata Kepala BKSDA Resort Kab Pangandaran Uking Iskandar, Selasa (24/12/2019).


Langkah ini tiada lain untuk menambah daya tarik dan kenyamanan bagi wisatawan yang liburan di Pangandaran saat mengunjungi cagar alam. Selain bisa melihat berbagai jenis flora dan fauna, wisatawan juga bisa menikmati beberapa situs bersejarah seperti gua dan bungker peninggalan Jepang.

"Wisatawan juga bisa menghabiskan masa liburannya di obyek wisata pasir putih cagar alam. Ada lokasi snorkeling di sana," ucapnya.

Sementara itu, sejak akhir pekan lalu, kawasan wisata pantai Pangandaran mulai ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Kawasan cagar alam menjadi salah satu pelengkap keindahan Pantai Pangandaran.


Menjelajahi kawasan cagar alam sanggup memberikan kesan tersendiri. Sejumlah satwa seperti keluarga primata, rusa dan lainnya mudah kita jumpai. Pesona vegetasi berusia ratusan tahun juga memberikan kesan hutan yang rimbun.

Selain itu Cagar alam juga diapit oleh dua pantai yaitu pantai barat dan timur sehingga wisatawan bisa melihat dua panorama indah pada saat matahari terbit (sunrise) di pantai timur dan matahari pada saat tenggelam (sunset) di pantai barat. (bbn/bbn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT