Jalur Limbangan Garut Padat, Polisi Berlakukan One Way

Hakim Ghani - detikNews
Selasa, 24 Des 2019 17:33 WIB
(Foto: Hakim Ghani/detikcom) Polisi berlakukan one way di Limbangan Garut.
Garut - Jalur Limbangan di Kabupaten Garut, Selasa (24/12/2019) ini terus dipadati oleh wisatawan yang hendak menuju Tasikmalaya. Polisi memberlakukan one way untuk menguras volume kendaraan.

Berdasarkan pantauan detikcom Selasa siang pukul 16.00 WIB di Jalan Raya Limbangan, arus lalu lintas terpantau cukup ramai lancar. Kasat Lantas Polres Garut AKP Asep Nugraha mengatakan, peningkatan volume kendaraan di wilayah ini sudah terjadi sejak Sabtu (22/12). Volume kendaraan didominasi kendaraan pribadi baik motor maupun mobil.

"Memang untuk volume kendaraan sudah meningkat sejak Sabtu. Kami terus melakukan pengaturan agar tidak terjadi kemacetan," kata Asep kepada detikcom di Jalan Raya Limbangan.


Asep menjelaskan, kendaraan yang masuk ke wilayah tersebut kebanyakan wisatawan asal Bandung dan kota-kota besar lain untuk berlibur ke Pangandaran dan Jawa Tengah.

"Untuk kendaraan yang mendominasi itu dari arah Bandung menuju ke Tasik. Mungkin wisatawan yang hendak berlibur di Pangandaran atau pulang ke Jawa Tengah," katanya.

Jalur Limbangan Garut Padat, Polisi Berlakukan One WayFoto: Hakim Ghani
Sejak pagi tadi, polisi telah melakukan satu kali one way atau sistem satu arah kendaraan di wilayah ini. One way dilakukan dari arah Bandung menuju Tasikmalaya dengan titik tunggu di wilayah Nagreg, Kabupaten Bandung dan berakhir di wilayah Sasak Beusi, Kabupaten Garut.

"One way untuk sementara hingga siang ini sudah berlangsung satu kali," ucap Asep.


Polisi memprediksi peningkatan volume kendaraan akan terus terjadi. Polisi mengimbau agar pengendara berkendara dengan tertib agar tidak terjadi macet.

"Jangan susul-susulan dan utamakan keselamatan. Jangan saling mendahului juga agar arus lalin tidak stuck," ujar Asep. (tro/tro)