Libur Nataru, Parkir Liar dan Terminal Bayangan di Ciamis Ditertibkan

Dadang Hermansyah - detikNews
Senin, 23 Des 2019 17:10 WIB
(Foto: Dadang Hermansyah/detikcom) Petugas tertibkan parkir liar dan terminal bayangan di Ciamis.
Ciamis - Dinas Perhubungan (Dishub) Ciamis bersama Satlantas Polres Ciamis mulai menertibkan parkir liar dan terminal bayangan di perempatan Pasar Manis tepatnya Jalan Samuji, Jalan Iwa Kusumasomantri dan Jalan Rumah Sakit, Senin (23/12/2019) siang.

Penertiban dilakukan untuk memperlancar arus lalu lintas menjelang natal dan tahun baru 2020. Sebab mobilitas warga mengalami peningkatan. Parkir liar dan terminal bayangan menjadi faktor penyebab kemacetan. Padahal di lokasi terdapat rambu larangan parkir dan larangan menunggu penumpang.


Kali ini Dishub langsung menindak angkutan umum (elf) yang bandel parkir sembarangan. Dishub telah melakukan sosialisasi selama 4 bulan. Bahkan diberi toleransi bagi elf yang menunggu penumpang diberi waktu 5 menit. Tapi awak angkutan malah seenaknya menunggu penumpang sehingga menjadi biang kemacetan dan mengganggu pengguna jalan lain.

Libur Nataru, Parkir Liar dan Terminal Bayangan di Ciamis DitertibkanFoto: Dadang Hermansyah
Kepala Dishub Ciamis Endang Sutrisna menuturkan, menjelang natal dan tahun baru hingga seterusnya angkutan umum yang parkir sembarangan bakal ditertibkan. Agkutan umum wajib masuk dan menunggu penumpang di Terminal Ciamis.

"Kemarin ada kebijakan jeda 5 menit sambil menunggu penumpang, sambil jalan. Sudah banyak keluhan dari pengguna jalan dan pedagang toko. Penertiban akan dilakukan rutin," ujar Endang.

Libur Nataru, Parkir Liar dan Terminal Bayangan di Ciamis DitertibkanFoto: Dadang Hermansyah
Dishub Ciamis juga dan Satpol PP juga akan menertibkan PKL yang memakan badan jalan agar arus lalu lintas tidak terganggu dan perekonomian di Pasar Manis Ciamis lancar.

"Kepada awak angkutan, elf dan angkutan kecil dimohon pengertiannya, sesama warga Ciamis harus bisa menertibkan sendiri. Supaya semua aman dan lancar," ucap Endang.


Endang meminta kepada para petugas parkir untuk ikut membantu menertibkan parkir liar dan angkutan umum yang menunggu penumpang di sembarang tempat. Jangan sampai malah ikut-ikutan mencari keuntungan padahal melanggar aturan.

"Saya sudah ingatkan kepada para petugas parkir, kalau mau lanjut silakan ikut menertibkan. Kalau tidak mau dan malah mendukung parkir liar, saya akan berhentikan. Nantinya akan diatur juga peruntukannya mana parkir motor dan mobil supaya jelas," ucapnya. (tro/tro)