Hiii... Ulat Bulu Teror SLBN di Cirebon

Sudirman Wamad - detikNews
Senin, 23 Des 2019 16:42 WIB
Warga menyemprotkan pestisida dan pemusnah serangga di tembok sekolah yang diserbu ulat bulu. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon - Ribuan ulat bulu meneror Sekolah Luar Biasa Negeri (SLB) yang berada di Desa Sindanglaut, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Ulat bulu itu menyerbu setiap sudut dan ruangan sekolah.

Ulat berwarna hitam itu menguasai gedung SLBN. Teror ulat bulu itu membuat warga sekolah mengalami gatal-gatal.

"Iya pada gatal-gatal. Jadi terganggu. Sekarang sih sekolah sedang libur semester, jadi sepi," kata penjaga sekolah, Yadi (45), di SLBN Desa Sindanglaut, Senin (23/12/2019).

Hiii... Ulat Bulu Teror SLBN di CirebonUlat bulu di tembok dan lantai sekolah. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Yadi mengungkapkan teror ulat bulu terjadi setiap tahunnya, tepatnya saat musim hujan tiba. Namun, Yadi mengaku heran dengan serbuan ulat bulu tahun ini. Sebab, lanjut Yadi, secara kasat mata jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Ulat bulu ini berasal dari pohon-pohon jati yang berada di sekitar sekolah. Tahun ini paling banyak," kata Yadi.

Yadi mengatakan teror ulat bulu itu sudah terjadi sejak pekan lalu. Sekadar diketahui, posisi SLBN dikelilingi pohon jati. Saat ini, Yadi berusaha mengusir ribuan ulat bulu menggunakan pestisida dan cairan pemusnah serangga.

"Sekarang disemprot pakai pestisida dan pemusnah serangga dulu. Ya harapannya dinas bisa bantu menangani soal ini," kata Yadi. (bbn/bbn)