Wisatawan Padati Lembang, Polisi Buka-Tutup Jalur

Yudha Maulana - detikNews
Senin, 23 Des 2019 15:18 WIB
Polisi mengatur arus lalu lintas di jalur Lembang. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung Barat - Arus lalu lintas wisata libur natal 2019 dan tahun baru 2020 mulai terpantau signifikan di Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Senin (23/12/2019) siang. Sejumlah ruas jalan mulai dipadati kendaraan roda dua dan empat.

Untuk mengurai kemacetan petugas kepolisian memberlakukan beberapa kali rekayasa lalu lintas dengan sistem satu arah dan penarikan arus ke jalur alternatif di sejumlah titik.


KBO Lantas Polres Cimahi Iptu Duddy Iskandar mengatakan, kepadatan lalu lintas sudah terjadi sejak pagi hari. Kebanyakan kendaraan dari luar Bandung bergerak menuju kawasan wisata di Lembang.

"Pagi kita coba lakukan buka-tutup jalur di Farm House dengan melakukan pemenggalan, jadi kendaraan yang dari bawah (Kota Bandung) ke Lembang," kata Duddy saat ditemui di simpang Beatrix Lembang.

Duddy mengatakan, hingga pukul 14.24 WIB, polisi memberlakukan empat kali one way pendek di Farmhouse dan tiga kali penarikan arus di simpang Beatrix. "Bila kemacetan dari bawah sudah tersambung hingga Beatrix, kendaraan yang menuju Bandung atau Jakarta, akan diarahkan ke Cisarua," katanya.

Menurutnya, penambahan volume lalu lintas terus meningkat sejak 19 Desember lalu. "Penambahannya signifikan, mungkin sekarang bertambah 100 persen dibandingkan dengan yang kemarin," ucap Duddy.

Wisatawan Padati Lembang, Polisi Buka-Tutup JalurKepadatan kendaraan di jalur Lembang Bandung. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)