Juru Parkir-Anak Punk Santap Makanan Gratis di Alun-alun Ciamis

Dadang Hermansyah - detikNews
Jumat, 20 Des 2019 18:01 WIB
(Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis - Free Food Car dari Sekolah Relawan asal Kota Depok menyambangi Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Mobil tersebut mempunyai misi untuk memberi makan gratis kepada warga yang berada di jalanan.

Free Food Car atau mobil yang membawa makanan gratis ini singgah di Taman Raflesia Alun-alun Ciamis, tepatnya di belakang bawah billboard, Jumat (20/12/2019) sekitar pukul 15.00 WIB.

Dalam program ini, Sekolah Relawan bekerjasama dengan relawan Berbagi Nasi Ciamis dan Forum Taruna Siaga Bencana (Tagana) Ciamis. Mobil ini sedikitnya membawa makanan 100 sampai 150 porsi.

Juru Parkir-Anak Punk di Santap Makanan Gratis di Alun-alun Ciamis(Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)

Dalam waktu singkat mobil tersebut dihampiri warga yang ada di jalanan. Mulai dari tukang parkir, tukang ojek, warga yang melintas hingga anak punk. Makanan gratis ini konsepnya prasmanan, panitia langsung memberikan makanan di piring kepada setiap yang datang. Dimakan bersama-sama dalam satu meja panjang. Menunya ada daging dan sayuran dengan mengutamakan gizi.

Koordinator program Free Food Car Budi Rahayu menjelaskan program roadshow ini menargetkan 30 Kota/Kabupaten di Pulau Jawa. Untuk Kabupaten Ciamis ini merupakan daerah yang ke 25.

Dalam aksi inspiratif ini ia bekerjasama dengan para relawan yang ada di daerah tujuan. Maksudnya untuk memperluas jaringan relawan dan melahirkan komunitas baru. Sekaligus mengenalkan Free Food Car dan berharap diikuti menjadi inspirasi di kota yang disinggahi.


"Sebenarnya siapa saja boleh makan disini, terutama yang ada di jalanan. Tapi dikhususkan juga bagi musafir dan duafa," ujarnya.

Misi dari Free Food Car ini untuk mendukung program PBB dalam mengurangi angka kelaparan. Karena faktor penyebab kejahatan di jalan karena kelaparan.

Konsep prasmanan sendiri bukan tanpa alasan. Dengan berkumpul dalam satu meja bisa berinteraksi dengan warga yang hidup di jalanan. Setidaknya menjadi pendengar yang baik untuk keluh kesah yang dihadapi di jalan.

"Harapannya dengan program Free Food Car ini berkurangnya angka kelaparan. Banyak komunitas relawan baru. Karena dianggap berhasil ketika banyak yang meniru kegiatan ini," jelas dia. (mso/mso)